"Perubahan Itu Tidak Sulit, Yang Sulit Itu Adalah Mendisiplinkan Diri Untuk Membentuk Perilaku Baru, Sesuai Nilai-Nilai Dari Perubahan Yang Diinginkan." - Djajendra

PERUBAHAN MEMBUTUHKAN KEBIASAAN BARU

"Perubahan Itu Tidak Sulit, Yang Sulit Itu Adalah Mendisiplinkan Diri Untuk Membentuk Perilaku Baru, Sesuai Nilai-Nilai Dari Perubahan Yang Diinginkan." - Djajendra

Saat seseorang mulai belajar hal-hal baru untuk kebaikan dirinya, saat itu juga dia harus melakukan perubahan untuk mengembangkan kebiasaan baru buat kebaikan dirinya.

Kecepatan perubahan selalu tergantung kepada motivasi dan kemampuan untuk menyerap nilai-nilai baru, lalu dijadilan sebagai pola kebiasaan baru, serta memotivasi intensitas kecerdasan emosional untuk mulai bertindak dengan keputusan terbaik dari dalam diri.

Setiap proses perubahan tidaklah semudah seperti membicarakannya, diperlukan kepribadian diri yang sangat kuat, yang mampu menjadikan semua pengalaman emosional yang kurang nyaman menjadi nyaman.

Bila perubahan dilakukan dengan fokus kepada penciptaan perilaku baru, yang sesuai dengan keinginan dan harapan diri, maka seseorang pasti dapat menciptakan pola perilaku kebiasaan yang diinginkan yang dapat bertahan selama sisa hidupnya.

Waktu yang dibutuhkan untuk membentuk pola kebiasaan baru yang sederhana adalah dua bulan. Bila selama dua bulan seseorang ikhlas dan tulus mencintai nilai-nilai baru tersebut secara terus-menerus, maka nilai-nilai baru tersebut akan terekam di dalam pikiran bawah sadar. Lalu, membiasakan diri untuk menjadi lebih berdisiplin dalam menjalankan kebiasaan-kebiasaan baru tersebut. Misalnya, kebiasaan untuk berolahraga, bangun pagi, membaca buku, berpikir positif, tepat waktu, tidur tidak larut malam, pengeluaran keuangan yang terkendali, tidak marah, selalu tersenyum saat bertemu dengan orang lain, dan lain sebagainya. Semua ini bila dilakukan secara berulang-ulang, setiap hari dan setiap saat, maka semua kejadian yang berulang-ulang tersebut akan menjadikan diri terbiasa dan tidak asing lagi terhadap perilaku baru tersebut.

Pengembangan kebiasaan baru harus dilakukan bersamaan dengan peningkatan disiplin diri dan antusiasme diri untuk memiliki perilaku baru sesuai nilai-nilai yang dipelajari. Disini, setiap hari Anda harus mempersiapkan nilai-nilai baru kehidupan Anda, dan mengembangkannya dengan sengaja melalui rencana yang baik. Anda harus memaksa diri Anda dengan sangat keras dan sangat berdisiplin untuk merasa terbiasa dengan perilaku baru sesuai nilai-nilai baru.

Seiring waktu dan perkembangan mindset Anda, Anda akan menemukan bahwa diri Anda telah hidup bersama nilai-nilai baru, dan nilai-nilai baru tersebut telah menjadi karakter yang menghasilkan sifat, sikap, perilaku, dan kebiasaan hidup Anda.


DJAJENDRA