"Kemenangan Bisnis Selalu Bersembunyi Dalam Kekuatan Stakeholder. Perusahaan Yang Cerdas Mencari Kemenangan Bisnis Melalui Kekuatan Stakeholder, Akan Menjadi Nomor Satu Terbaik Di Dalam Bisnisnya." – Djajendra

MENGELOLA STAKEHOLDER DAN BERKOMUNIKASI DENGAN STAKEHOLDER

"Kemenangan Bisnis Selalu Bersembunyi Dalam Kekuatan Stakeholder. Perusahaan Yang Cerdas Mencari Kemenangan Bisnis Melalui Kekuatan Stakeholder, Akan Menjadi Nomor Satu Terbaik Di Dalam Bisnisnya." – Djajendra

Kualitas pengelolaan stakeholder merupakan kunci keberhasilan perusahaan dalam mencapai kinerja optimal. Kecerdasan perusahaan untuk melibatkan, mengelola, memanfaatkan, dan berkomunikasi dengan setiap stakeholder secara efektif, akan membuat semua tujuan dan rencana perusahaan mencapai keberhasilan sesuai harapan.

Beberapa waktu yang lalu, saya diundang ke sebuah perusahaan trading yang mendistribusikan berbagai kebutuhan pabrik. Perusahaan ini memiliki stakeholder manajemen yang sangat bagus, mereka memiliki informasi yang sangat lengkap tentang kebutuhan dan kinerja dari pabrik-pabrik yang mereka distribusikan, dan juga memiliki informasi yang sangat lengkap tentang pemasok mereka. Mereka mendidik semua karyawan dan pimpinannya untuk cerdas mengelola komunikasi dengan setiap stakeholder melalui informasi, data, dan status terkini.

Perusahaan trading ini, secara berkelanjutan memperkuat kualitas informasi dan status terkini dari stakeholder. Di mana, semua itu dilakukan melalui manajemen stakeholder yang tertata dan terkelola secara profesional.

Perusahaan ini sangat menyadari bahwa bisnis trading sangat tergantung kepada komunikasi, pelayanan, pemahaman terhadap kebutuhan, dan kemampuan untuk memberikan dukungan total kepada setiap stakeholder.

Setiap stakeholder dari berbagai kepentingan dirangkum dalam sebuah log book. Dalam stakeholder log book ini, tercantum nama stakeholder, cara atau pendekatan komunikasi, perilaku stakeholder, kinerja stakeholder, jenis dukungan, peran dan kontribusi stakeholder kepada kemajuan perusahaan, tindakan dan komunikasi yang wajib dilayani karyawan untuk kebutuhan stakeholder, dan beberapa informasi penting lainnya.

Konsep manajemen stakeholder dari perusahaan trading ini, terfokus untuk mempengaruhi stakeholder, termasuk untuk meminimalkan komplain dan kesalahan dalam memberikan pelayanan berkualitas.

Dengan memiliki informasi dan status terkini dari para stakeholder, yang secara periodik diperbaruhi terus untuk mendapatkan data terkini. Hal ini, membuat perusahaan menjalankan usaha dengan risiko bisnis yang sangat terkalkulasi.

Di luar strukutur organisasi perusahaan, secara independen atau mandiri, manajemen membentuk tim khusus untuk mengelola isu, komplain, reputasi, kualitas, kehandalan, kredibilitas, dan karakter pelayanan. Hal ini diterapkan untuk semua stakeholder. Artinya, tidak hanya terbatas kepada pabrik atau pemasok, tapi juga kepada karyawan, pimpinan, dan stakeholder lainnya.

Melalui stakeholder manajemen, perusahaan mampu mengidentifikasi dan menetapkan stakeholder kunci dalam prioritas pelayanan sempurna. Selanjutnya, perusahaan bertindak secara profesional untuk memberikan dukungan, dan memenangkan dukungan dari para stakeholder untuk keberhasilan bisnis mereka.

Salah satu bagian terpenting dan sangat menarik dari manajemen stakeholder yang dilakukan oleh perusahaan tersebut, adalah memotivasi para pemangku kepentingan mereka dengan berbagai program menarik. Tujuan utama dari program yang mereka miliki adalah untuk membuat keterikatan batin yang kuat diantara mereka semua, agar kesetiaan dan proses bisnis yang saling tergantung diantara mereka menjadi semakin kolaboratif.

DJAJENDRA