"Kebahagiaan Tidak Pernah Datang Dari Pujian Atau Tepuk Tangan Orang Lain Atas Kemampuan Anda Untuk Menyenangkan Hati Mereka. Tapi, Kebahagiaan Selalu Datang Dari Perasaan Puas Anda Terhadap Kehidupan Yang Anda Cintai." – Djajendra

HIDUP ANDA BUKANLAH BUKU ATURAN ORANG LAIN

"Kebahagiaan Tidak Pernah Datang Dari Pujian Atau Tepuk Tangan Orang Lain Atas Kemampuan Anda Untuk Menyenangkan Hati Mereka. Tapi, Kebahagiaan Selalu Datang Dari Perasaan Puas Anda Terhadap Kehidupan Yang Anda Cintai." – Djajendra

Pagi ini, saat membuka email, saya temukan sebuah pertanyaan.” Apakah aku bisa menjalani hidupku sendiri. Karena, sekarang ini aku menjalani hidupku seperti yang diinginkan oleh orang-orang di sekitar diriku?”

Setelah membaca isi email yang tidak terlalu panjang itu. Dalam hati, saya bertanya-tanya, mengapa dia membiarkan dirinya dikuasai atau diatur-atur oleh orang-orang di sekitarnya.

Lalu, saya menulis pendapat saya sebagai jawaban untuk pertanyaannya. Isinya sebagai berikut:

Kehidupan yang Anda jalani seharusnya merupakan hasil pilihan Anda sendiri. Bila Anda membiarkan hidup Anda berjalan seperti apa kata orang-orang di sekitar diri Anda, maka Anda selalu akan menjalani hidup Anda seperti yang diinginkan oleh orang-orang lain.

Hidup Anda itu untuk menuju kepada harapan dan impian Anda sendiri. Anda harus terfokus pada semangat untuk menjadi diri sendiri yang autentik, dan tidak menjadi diri seperti yang diinginkan oleh orang-orang di sekitar diri Anda.

Anda boleh menjadi sadar sosial, cerdas sosial, atau pun memiliki empati yang sangat besar terhadap orang-orang di sekitar diri Anda. Tapi, Anda harus memiliki prinsip dan nilai-nilai kehidupan Anda sendiri untuk menemani diri sejati Anda, agar Anda dapat menjadi orang seperti yang Anda inginkan.

Anda sebaiknya memberi kesempatan kepada diri sejati Anda, agar diri sejati Anda mengekspresikan yang diinginkan oleh Anda, untuk dapat dilihat oleh semua orang di sekitar diri Anda. Tapi, semua ekspresi itu harus dalam batas-batas etika dan moral kehidupan.

Hidup Anda bukan untuk menyenangkan atau mengesankan semua orang di sekitar diri Anda. Dan percayalah bahwa Anda tidak akan pernah mampu untuk menyenangkan atau mengesankan semua orang. Setiap orang pasti memiliki persepsi dan logika berpikirnya sendiri terhadap sikap dan perilaku Anda. Jadi, mengapa Anda tidak mulai berlatih untuk menjadi diri sendiri, dan tidak membiarkan diri Anda menjadi diri seperti yang diinginkan oleh orang-orang di sekitar Anda?

Kebahagiaan tidak pernah datang dari pujian atau tepuk tangan orang lain atas kemampuan Anda untuk menyenangkan hati mereka. tapi, kebahagiaan selalu datang dari perasaan puas Anda terhadap kehidupan yang Anda cintai.

Hidup Anda bukanlah buku aturan orang lain. Oleh karena itu, Anda harus merancang sendiri buku aturan untuk memandu hidup Anda. Hidup Anda juga bukanlah sebuah kontes perlombaan, tapi sebuah perjalanan batin dan raga untuk menemukan hal-hal yang Anda impikan dalam hidup Anda.

Pastikan Anda menjadi pribadi yang menghargai dan menghormati pendapat dan saran dari orang-orang di sekitar Anda. Tapi, Anda harus menjadi diri Anda sendiri, dan tidak tergantung kepada apa kata orang, dalam membuat pilihan dan keputusan untuk hidup Anda.

DJAJENDRA

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra