IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE

IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE

"Praktik Tata Kelola Terbaik, Tercipta Melalui Kecerdasan Dan Kesadaran Emosional Karyawan Dan Pimpinan, Untuk Memiliki Semangat Kerja Yang Selaras Dengan Nilai-Nilai Dan Prinsip-Prinsip Tata Kelola Terbaik." - Djajendra

Pengembangan mindset dan kepribadian untuk menuju kepada tata kelola perusahaan yang lebih etis, sangatlah menentukan, dalam proses implementasi good corporate governance.

Dari pengalaman, kami mengidentifikasi bahwa pelaksanaan prinsip-prinsip good corporate governance dan etika bisnis, selalu kurang mampu terintegrasi ke seluruh struktur organisasi. Hal ini disebabkan oleh mindset dan perilaku kerja yang sulit berubah untuk dapat mengikuti tata kelola perusahaan sesuai prinsip dan nilai good corporate governanace, beserta panduan etika bisnis, dan kode etik kerja.

Kenapa hal ini dapat terjadi?

Pada umumnya, nilai-nilai dan prinsip-prinsip good corporate governance adalah hal baru dan bersifat asing untuk karyawan dan pimpinan perusahaan. Karena, good corporate governance merupakan sebuah cara kerja yang baru, yang memiliki filosofi sangat berbeda dengan cara kerja lama yang tanpa nilai-nilai dan prinsip-prinsip good corporate governance. Makanya, diperlukan proses perubahan secara menyeluruh, termasuk proses perubahan dari sisi mindset untuk menjalankan etos kerja baru berdasarkan prinsip-prinsip good corporate governance.

Kesulitan utama untuk melakukan perubahan terhadap mindset dan perilaku, disebabkan oleh kurangnya kecerdasan dan kesadaran sosial dari internal perusahaan dalam melihat perilaku stakeholders. Termasuk, tidak disiapkannya etos kerja baru berdasarkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip good corporate governance terhadap karyawan dan pimpinan perusahaan.

Dari pengamatan kami, perusahaan dan manajemen jarang sekali ada yang mau memfokuskan pengembangan budaya kerja good corporate governance, melalui pengembangan kecerdasan emosional karyawan dan pimpinan. Padahal, pengembangan kecerdasan emosional untuk memahamkan dan menginternalisasian budaya good corporate governance kepada karyawan dan pimpinan, merupakan sebuah langkah penting yang harus dilakukan kalau mau sukses menjalankan nilai-nilai dan prinsip-prinsip good corporate governance di perusahaan.

Praktik good corporate governance melalui etika bisnis yang terkelola baik melalui etos kerja, akan menghindarkan perusahaan dari berbagai tantangan internal dan eksternal. Komitmen terhadap praktik good corporate governance yang konsisten, akan mampu menjauhkan perusahaan dari berbagai masalah yang berisiko tinggi.

Salah satu cara terbaik dalam membangun budaya good corporate governance, adalah dengan memperbanyak penyadaran terhadap karyawan dan pimpinan melalui pengetahuan soft skill untuk bisa lebih mencerahkan mind set dan kepribadian.

Setiap orang di perusahaan harus lebih mampu memahami arti dan makna dari perilaku etis bersama prinsip dan nilai-nilai good corporate governance. Dan semua ini, hanya dapat terjadi bila kesadaran dan kecerdasan emosional peserta diberikan pencerahan secara terus-menerus melalui implementasi etos kerja berbasis good corporate governance.

Good corporate governance sebagai budaya perilaku kerja yang transparan, etis, jujur, adil, berintegritas, bermoral, dan bertanggungjawab; harus dilengkapi melalui pengetahuan etos kerja berdasarkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip good corporate governance, agar budaya kerja good corporate governance bisa lebih terinternalisasikan ke dalam semangat kerja karyawan dan pimpinan.

Setiap orang di perusahaan harus menyadari bahwa melalui tata kelola berbasis good corporate governance, panduan etika bisnis, dan kode etik kerja; perusahaan berpotensi menjadi lebih kuat dan sehat, dengan menghindarkan diri dari berbagai ancaman risiko, yang mungkin dapat menggerogoti potensi sukses perusahaan.

DJAJENDRA