"Etos Kerja Berarti Semua Pemimpin Dan Karyawan Menjadi Sebuah Komunitas Kerja Yang Solid Dalam Kolaborasi Yang Unggul, Melalui Nilai-Nilai Budaya Perilaku Kerja Organisasi." - Djajendra

ETOS KERJA, YA SEMANGAT KERJA!

"Etos Kerja, Ya Semangat Kerja Yang Dihasilkan Melalui Budaya Organisasi Yang Solid, Dalam Kolaborasi Dan Disiplin Kerja Yang Penuh Etika Dan Integritas." – Djajendra

"Etos Kerja Berarti Semua Pemimpin Dan Karyawan Menjadi Sebuah Komunitas Kerja Yang Solid Dalam Kolaborasi Yang Unggul, Melalui Nilai-Nilai Budaya Perilaku Kerja Organisasi." - Djajendra

Sering sekali orang-orang masih sulit membedahkan antara etos kerja, semangat kerja, etika kerja, dan integritas terhadap pekerjaan. Padahal, semua istilah tersebut bermakna sama, tapi tidak sama persis. Masing-masing memiliki perbedaan yang sangat tipis.

Suatu hari, seorang peserta pelatihan bertanya kepada saya, "pak, apa perbedaan antara etos kerja dengan semangat kerja?"

"Etos kerja sama dengan semangat kerja, yaitu: semangat kerja yang didasarkan oleh nilai-nilai, sistem, prosedur, aturan, filosopi, tata kelola, kepentingan, keyakinan, dan budaya yang disepakati melalui sebuah komitmen dan tanggung jawab. Lalu, disusun dalam bentuk perilaku kerja untuk dipatuhi oleh semua stakeholder." Jawab saya.

Etos kerja harus merupakan komitmen yang sangat kuat dan solid diantara semua pemimpin dan karyawan di dalam sebuah organisasi. Bila ada seorang saja pemimpin di dalam organisasi yang melalaikan komitmen tersebut, maka etos kerja tidak akan menjadi pondasi perilaku kerja untuk keberhasilan semua rencana kerja organisasi.

Etos kerja selain akan meningkatkan disiplin, etika, integritas, dan tanggung jawab individu atau kelompok kerja terhadap pekerjaan; juga akan meningkatkan kualitas individu atau kelompok kerja dalam memahami semua aspek kerja di dalam organisasi. Biasanya, etos kerja akan diimplementasikan melalui sejumlah nilai-nilai perilaku kerja yang wajib untuk dijalankan oleh setiap orang di tempat kerja tanpa kompromi.

Saat perilaku kerja menjadi selaras dan satu semangat dengan nilai-nilai perilaku kerja yang ditetapkan. Saat itu, semua aktivitas kerja di tempat kerja akan berada dalam satu semangat bersama, yang berpondasikan nilai-nilai etos kerja yang disepakati.

Etos kerja berarti semua pemimpin dan karyawan menjadi sebuah komunitas kerja yang solid dalam kolaborasi yang unggul, serta ikhlas dan patuh untuk menjalankan nilai-nilai etika kerja secara loyal dalam integritas yang kuat.

Keberhasilan menjalankan nilai-nilai etos kerja yang disepakati secara bersama, sangat bergantung kepada kualitas mentalitas dari para pemimpin dan karyawan. Bila setiap pemimpin dan karyawan berpegang teguh terhadap nilai-nilai, prinsip-prinsip, etika, dan tata kelola melalui perilaku kolaborasi kerja yang kompak; maka dapat dipastikan etos kerja akan menjadi semangat kerja yang mempermudah semua orang untuk bersatupadu dalam mewujudkan tujuan organisasi melalui rencana kerja yang hebat.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra