"Sangat Mudah Untuk Mengukur Keuntungan Bisnis, Tapi Hasil Akhirnya Selalu Tergantung Dari Perilaku Etis Stakeholder." - Djajendra

GCG: TANTANGAN KEHIDUPAN ETIS ADA DALAM DIRI SEJATI

"Sangat Mudah Untuk Mengukur Keuntungan Bisnis, Tapi Hasil Akhirnya Selalu Tergantung Dari Perilaku Etis Stakeholder." - Djajendra

Sering sekali orang-orang tidak memiliki penglihatan terhadap diri sejatinya, dan hidup mereka selalu melangkah bersama ego pancaindera mereka. Mereka selalu menutup diri sejatinya dengan tirai misterius yang membuat dirinya sendiri sulit memahami siapa sesungguhnya dirinya itu.

Beberapa hari yang lalu saya menerima tamu dari pulau terujung bagian timur Indonesia, mereka mengunjungi saya dan berdiskusi tentang berbagai hal menyangkut bisnis dan pengembangan organisasi. Pada dasarnya, mereka ingin melakukan bisnis dengan cara-cara terbaik, tetapi lingkungan bisnis dan stakeholder pendukungnya tidak memiliki ketegasan untuk menjalankan bisnis yang etis sesuai dengan prinsip-prinsip good governance.

Mereka merasa sudah fokus bersama kesabaran yang tinggi untuk berbisnis dengan menegaskan etika sebagai dasar dari semua transaksi bisnis mereka. Tetapi, realitas dilapangan mempertegaskan bahwa uang dan kepentingan selalu akan mengalahkan etika dan prinsip-prinsip good governance. Hal ini menimbulkan biaya bisnis yang tinggi, dan membuat produk mereka tidak bisa dikerjakan sesuai dengan kualitas yang dijanjikan.

Mereka mempertanyakan solusi terbaik untuk mengatasi biaya bisnis yang tinggi. Saya mengingatkan kepada mereka bahwa sejak zaman purba sudah banyak orang suci, pemikir, dan pujangga telah menegaskan tentang kehidupan etis. Persoalannya, tantangan kehidupan etis itu ada dalam diri sejati manusia. Bila semua orang memiliki diri sejati yang baik dan berintegritas kepada kehidupan yang jujur dan beretika, maka semua bisnis pasti dapat dijalankan secara etis, dan hal ini dapat menghilangkan biaya bisnis tinggi akibat dari bisnis yang tidak etis.

Bila bisnis Anda masih tergantung kepada keputusan dari pihak-pihak tertentu, maka jangan pernah berharap Anda dapat menjalankan bisnis yang etis dalam fondasi prinsip-prinsip good governance. Sebab, biasanya bisnis yang tergantung kepada pihak lain akan dimanfaatkan mereka untuk mendapatkan keuntungan dengan mengabaikan etika. Oleh karena itu, jangan pernah terlalu berharap untuk membuat bisnis Anda efektif dan efisien bila ada banyak kepentingan dan kekuasaan di dalam bisnis Anda.

Solusi untuk membuat biaya bisnis terkendali adalah dengan membebaskan bisnis Anda dari ketergantungan dengan pihak mana pun. Bila bisnis Anda tidak tergantung kepada pihak mana pun untuk mendapatkan pelanggan dan penjualan tinggi, maka Anda pasti bisa menjaga etika dan integritas dari bisnis Anda. Miliki bisnis yang tidak memiliki keterikatan kepada siapa pun; ciptakan produk dan jasa yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif; lalu pastikan Anda berbisnis berpondasikan etika, integritas, dan prinsip-prinsip good corporate governance. Dan ingat, hal ini pasti akan mendapatkan banyak tantangan, tapi kalau Anda konsisten dan patuh pada nilai-nilai etika yang Anda inginkan, Anda pasti sukses menjalankan bisnis yang beretika.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra