"Jangan Meremehkan Kecerdasan Emosional Dalam Memberikan Pelayanan Pelanggan Berkualitas Yang Etis." - Djajendra

ETIKA MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL MENYEMPURNAKAN PELAYANAN PELANGGAN

"Jangan Meremehkan Kecerdasan Emosional Dalam Memberikan Pelayanan Pelanggan Berkualitas Yang Etis." - Djajendra

Ada dua hal yang harus selalu diperhatikan oleh orang - orang yang bekerja dibidang pelayanan pelanggan. Yaitu etika dan kecerdasan emosional untuk pelayanan pelanggan. Etika merupakan prinsip moral yang mengatur atau mempengaruhi perilaku seseorang, sedangkan kecerdasan emosional merupakan kesadaran untuk mengelola emosi diri sendiri untuk kepentingan pelayanan pelanggan.

Etika biasanya diatur melalui budaya perusahaan dalam bentuk panduan kode etik pelayanan, panduan etika bisnis, dan panduan etika kerja perusahaan. Oleh karena itu, pelaksanaan etika pelayanan tidaklah sulit, setiap customer service tinggal mengatur mindset dan perilaku sesuai panduan etika perusahaan untuk dapat memberikan pelayanan sempurna yang etis sesuai janji dan komitmen.

Persoalannya, perilaku seseorang selalu dipengaruhi oleh emosi atas dasar situasi dan kondisi dari diri sendiri dan dari luar diri sendiri. Emosi yang tidak cerdas selalu berpotensi berada dalam konflik batin dan konflik kepentingan, sehingga hal ini akan membuat semua panduan etika yang dimiliki perusahaan tidak berfungsi sesuai harapan dalam memberikan pelayanan yang sempurna. Untuk mengatasi hal ini, setiap karyawan dan pimpinan perusahaan wajib melengkapi kualitas dirinya dengan kecerdasan emosional yang baik.

Bagaimana cara memiliki kecerdasan emosional untuk pelayanan sempurna yang etis? Emosi yang cerdas adalah persoalan kepribadian seseorang. Tidak ada panduan yang bisa dibuat perusahaan untuk mengelola emosi seseorang, yang bisa dilakukan adalah secara terus-menerus membangun kesadaran melalui pengetahuan kecerdasan emosional yang lengkap kepada setiap individu di dalam perusahaan. Semakin sering seseorang diajarkan, dilatih dan disadarkan untuk mencerdaskan emosional dirinya melalui nilai-nilai dan pengetahuan emosional berkualitas tinggi, semakin dewasa dan berkualitas emosinya untuk memberikan pelayanan berkualitas sempurna yang etis.

Pelayanan yang etis akan mengaktualisasikan nilai – nilai etika bisnis untuk merawat hubungan baik dengan pelanggan. Pelayanan etis melalui kecerdasan emosional akan mengaktualisasikan nilai-nilai kebaikan dan sikap baik untuk membuat pelanggan menjadi setia kepada perusahaan.

Mindset setiap individu front line harus diarahkan untuk berorientasi kepada pelayanan berkualitas yang etis melalui penetapan standar kinerja tinggi untuk diri sendiri sebagai individu dan tim. Kemampuan untuk memberikan apa kebutuhan pelanggan dalam hal nilai, etika, emosi, kualitas dan kepuasan akan menjadi keunggulan perusahaan. Prinsip-prinsip pelayanan, seperti: integritas, objektifitas, kredibilitas, profesionalisme, kualitas layanan tertinggi, kepercayaan diri, dan keyakinan untuk menghormati pelanggan, akan menjadikan perusahaan selalu unggul bersama pelayanan etis.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra