Thursday, 23 June 2011

PELATIHAN PENGEMBANGAN KARAKTER DI TEMPAT KERJA PROGRAM 2 HARI 16 JAM


PELATIHAN PENGEMBANGAN KARAKTER DI TEMPAT KERJA PROGRAM 2 HARI 16 JAM

JUDUL: MENUMBUHKAN KEPRIBADIAN UNGGUL MELALUI PENGEMBANGAN KARAKTER UNTUK MERAIH SUKSES DI DALAM PEKERJAAN DAN KEHIDUPAN

Organisasi Terbaik Selalu Memberikan Perhatian Yang Lebih Untuk Pengembangan Karakter Karyawan. Karyawan Dengan Karakter Positif Akan Berperilaku Penuh Tanggung Jawab Bersama Etos Kerja Yang Kuat Untuk Menjadi Lebih Produktif Dan Efektif.

DESKRIPSI

Organisasi Anda mungkin sudah sangat luar biasa, tapi pendidikan karakter unggul kepada seluruh karyawan dan pimpinan tetap diperlukan, agar semua hal yang sudah luar biasa itu bisa tetap menjadi sangat luar biasa di sepanjang kehidupan organisasi. Pendidikan karakter dalam organisasi atau perusahaan bertujuan membangun kualitas pribadi yang mampu berkontribusi secara luar biasa untuk kepentingan organisasi dan stakeholder. Dan Umumnya, kualitas karakter yang dibutuhkan meliputi kejujuran, menghormati, tanggung jawab, keadilan, kewajaran, kebenaran, melayani, merawat, integritas, disiplin, keberanian, bergaul, kebajikan, pengasih, sopan-santun, terpercaya, dan patuh pada etika dan standar moral positif.

Program pengembangan karakter ini dirancang untuk tujuan membawa karyawan dan pimpinan bersama-sama kepada perilaku kerja yang penuh integritas, etis, dan loyal kepada organisasi. Program ini akan menyentuh sifat, perilaku, kebiasaan-kebiasaan, dan moralitas peserta. Hal ini akan menciptakan kesadaran moral dalam pengembangan karakter, menghasilkan sumber daya manusia yang sensitif terhadap nilai-nilai integritas, loyalitas, etis, dan moralitas. Kondisi ini akan menjadi hal ideal untuk membangun fondasi organisasi yang kredibel dan berkualitas tinggi.

Dari kisah orang –orang sukses kami menemukan bahwa mereka sukses karena telah memahami bahwa keberhasilan itu bisa di dapatkan dengan cara memfokuskan diri untuk melakukan apa yang diperlukan. Di mana semua itu dilakukan melalui karakter diri yang telah diperkaya dengan nilai integritas, kejujuran, kebaikan, motivasi, dan kebijaksanaan diri tertinggi. Oleh karena itu, bila seseorang ingin menjadi pribadi berkarakter sukses, maka dia harus meletakkan setiap keinginan, harapan, obsesi, dan cita-citanya di dalam karakter diri yang menegaskan kesuksesan secara bijak.

Karakter diri yang telah diperkaya itu akan berjuang tanpa mengenal kata menyerah, untuk mendapatkan apa yang diinginkan di dalam hidupnya dengan visi yang jelas. Karakter diri juga akan belajar tentang apa yang baik, serta berkembang untuk meningkatkan semua potensi baik ke dalam diri.

Pelatihan ini mempersiapkan karyawan dan pimpinan untuk menjadi profesional dengan karakter pekerja keras, proaktif, jujur, tekun, ramah, memberikan dan melayani, pencari solusi untuk menuntaskan masalah, berjiwa besar, tidak suka mengeluh, setia, bertatakrama, dan selalu belajar untuk hal-hal baru.

“Apakah Manusia Yang Dapat Membuat Pikiran, Manusia Dapat Mengendalikan Karakter?” -Thomas Edison.

“Karakter Tidak Bisa Dikembangkan Dalam Kemudahan Dan Ketenangan. Hanya Melalui Percobaan Dan Penderitaan Jiwa Karakter Dapat Diperkuat, Visi Diperjelas, Ambisi Diilhami Dan Keberhasilan Dicapai.” -Helen Keller.

Setiap pribadi itu unik, jadi setiap pribadi harus memahami apa saja yang baik buat dirinya, tidak asal mengcopy karakter orang lain menjadi karakter dirinya, dan harus berpikir positif untuk menjadi yang terbaik yang ideal dengan diri sendiri. Salah satu cara untuk membangun karakter yang sesuai dengan jati diri Anda, adalah dengan mengidentifikasikan semua kekurangan dan ancaman diri, kemudian membangun karakter diri yang ideal melalui kekuatan fisik tubuh, mental diri, emosional diri, pergaulan sosial, dan pengembangan kekuatan spiritual dan motivasi.

Apa Yang Dipelajari Peserta Dalam Pelatihan Character Building Ini?

1.Peserta akan belajar tentang strategi pengembangan karakter diri yang berkelanjutan.
2.Peserta akan belajar cara menyalakan kembali semangat untuk pengembangan profesionalisme diri.
3.Peserta akan belajar tentang karakter berdasarkan deskripsi fisik, cara bicara, tindakan, perilaku, emosi, pikiran batin, reaksi, dan karakter dialog yang positif.
4.Peserta akan belajar untuk menjadi pribadi yang berkomitmen dalam membangun keseimbangan tubuh, jiwa, dan pikiran.
5.Peserta akan belajar cara menampilkan emosi diri yang sesuai dengan situasi dan kondisi, serta mengendalikan emosi negatif dari aspek diri, yang peka terhadap perasaan sendiri dan orang lain, dan selalu tenang dalam situasi sulit.
6.Peserta akan belajar cara menggunakan keterampilan sosial untuk bersama-sama dengan orang lain menyelesaikan konflik, berkomunikasi secara efektif, menjadi pribadi yang menyenangkan, berkarakter positif, jujur, memiliki empati, pendengar yang baik, sopan, ramah dan tak mementingkan diri sendiri.
7.Peserta akan belajar cara memberikan pelayanan dan membantu hidup diri sendiri dan orang lain menjadi lebih berhasil.
8.Peserta akan belajar cara menghapus kekuatan ego diri yang selalu mementingkan diri sendiri, dan rasa bangga yang memisahkan dirinya dari realitas kehidupan.
9.Peserta akan belajar cara mengintegrasikan semua hal-hal baik dalam hidup ke dalam karakter diri yang diperkaya dengan nilai-nilai positif.

Training ini akan mengantar audience kepada perbaikan pandangan, sikap, dan perilaku terhadap diri sendiri dan pekerjaan di kantor. Kemudian mengarahkan audience untuk Mengenal semua kekuatan diri sendiri secara positif; menerima diri sendiri apa adanya, lalu mau berdamai, puas, bersyukur, dan bangga dengan diri sendiri; mengembangkan diri dengan pikiran positif untuk mengoptimalisasikan semua potensi dan bakat terpendam di dalam diri; dan memotivasi diri untuk menjadi seorang pribadi yang sukses dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi.

METODE PELATIHAN

Presentasi, Tanya Jawab, Studi Kasus, Character Self Test, Latihan, Brainstorming, Diskusi, Role Play, Games, Ice Breaker,


MATERI PEMBAHASAN

HARI PERTAMA, JAM 08.00 – 16.30 WIB

Pk.08.30 – 10.00 wib. Sesi 1: MEMBENTUK DAN MEMELIHARA KARAKTER DIRI BERORIENTASI KINERJA
Dalam sesi 1, peserta akan belajar cara membangun model karakter diri berdasarkan self-respect, self-disiplin dan tanggung jawab. Termasuk, proses pengembangan karakter untuk memperjelas kondisi fisik, mental, kepribadian, dan penampilan diri secara utuh sesuai jati diri asli.

Pk.10.00 – 10.15 wib. Coffee break

Pk. 10.15. 12.00 wib. Sesi 2: MODEL KARAKTER YANG BERPEDOMAN PADA BUDAYA KERJA.
Dalam sesi 2, peserta akan belajar karakter di tempat kerja, nilai-nilai, budaya kerja, etika, model karakter, bagaimana model karakter dapat digunakan, ekspresi alternative model karakter.

Pk. 12.00 – 13.00 wib. Lunch Break

Pk. 13.00 – 14.30 wib. Sesi 3: MEMBANGUN KARAKTER INTEGRITAS UNTUK MENJADI PRIBADI YANG TERPERCAYA.
Dalam sesi 3, peserta akan belajar membangun karakter diri yang terpercaya (trust) untuk hubungan yang berkualitas di tempat kerja.
Karakter integritas yang memperkuat semua perilaku etis di tempat kerja. Hubungan positif dan koneksi yang tulus dengan stakeholder. Kemampuan untuk terhubung secara positif kepada teman, keluarga, tetangga, masyarakat, dan semua pihak lainnya di kehidupan pribadi dan pekerjaan.

Pk. 14.30 – 14.45 wib. Coffee Break

Pk. 14.45 – 16.30 wib. Sesi 4: MENGELOLA KARAKTER MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL INTERPERSONAL DAN PERSONAL
Dalam sesi 4, peserta akan belajar cara mengelola nilai-nilai positif kehidupan untuk memperkuat karakter diri yang dibentuk. Selanjutnya, mampu bekerja secara independen dan mampu bekerja baik dengan orang lain, serta mampu mengelola pengembangan pribadi dengan cara-cara luar biasa.


HARI KEDUA, JAM 08.00 – 16.30 WIB

Pk.08.30 – 10.00 wib. Sesi 5: PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI SELF-AWARENESS (KESADARAN DIRI SENDIRI)
Dalam sesi 5, pembahasan difokuskan untuk membangun karakter melalui kesadaran diri dengan cara memahami potensi dan realitas diri sendiri. Peserta juga akan belajar tentang siklus perilaku dan dampaknya terhadap kebahagiaan diri; cara meningkatkan harga diri dengan pengendalian diri yang tangguh; kemampuan untuk menganalisis diri sendiri dan merawat keseimbangan diri dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan.

Pk.10.00 – 10.15 wib. Coffee break

Pk. 10.15. 12.00 wib. Sesi 6: PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI SELF-MANAGEMENT
Dalam sesi 6, peserta akan belajar cara mengembangkan karakter diri dengan cara mengelola diri sendiri, agar diri selalu berada dalam prinsip-prinsip dan nilai-nilai kehidupan yang tertata dengan baik. Kemampuan diri untuk mencegah masuknya nilai-nilai negatif ke pikiran bawah sadar. Kemampuan diri untuk menyerap sebanyak mungkin nilai-nilai positif dan membuat nilai-nilai positif tersebut membantu meningkatkan kualitas diri untuk semua aspek kehidupan.

Pk. 12.00 – 13.00 wib. Lunch Break

Pk. 13.00 – 14.30 wib. Sesi 7: KARAKTER KOLABORASI YANG BERTINDAK UNTUK MEMBANGUN DAN MENJAGA KERJA SAMA
Dalam sesi 7, peserta akan belajar cara membangun karakter kolaborasi dengan memahami peran hard system dan soft system dalam mendukung karakter kolaborasi. Melalui karakter kolaborasi peserta diharapkan dapat meningkatkan produktivitas organisasi.

Pk. 14.30 – 14.45 wib. Coffee Break

Pk. 14.45 – 16.30 wib. Sesi 8: CHARACTER EVALUATION SELF TEST.
Dalam sesi 8, peserta akan melakukan character evaluation self test dan mendiskusikan hasilnya untuk mendapatkan best practice.

Pk. 16.40 wib: Selesai

UNTUK PELATIHAN HUBUNGI:


DJAJENDRA CORPORATE TRAINING
PT DJAJENDRA MOTIVASI UNGGUL
Kantor: Jl.Danau Toba No.104, Jakarta Pusat, 10210
Workshop: Batavia Apartements.
Jl. K.H. Mas Mansyur Kav 126, Jakarta Pusat, 10220
Telepon: (021) 5701505 - (021) 32849777 - (021) 32168111
Hp: 0812 8777 083
Fax: (021) 5738105