"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra

KARAKTER ETIKA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra

Nilai adalah instrumen paling dasar dalam membangun karakter seseorang. Nilai biasanya sudah mulai tertanam atau terekam dipikiran bawah sadar seseorang sejak dia masih anak-anak. Oleh karena itu, pengembangan karakter yang efektif haruslah dimulai sejak kecil dari rumah, lingkungan, sekolah, masyarakat, dan negara. Bila seseorang sudah dewasa dan ingin merubah karakter, maka satu-satunya cara adalah dengan mencerdaskan emosional diri melalui pengetahuan keseimbangan hidup, kesadaran diri, manajemen diri, dan kehidupan integritas diri di luar dan di dalam diri. Dan, hal ini memerlukan kerja keras yang luar biasa melalui komitmen dan disiplin diri yang penuh kesabaran untuk menjadi karakter baik.

Karakter baik akan menghasilkan karakter etika. Artinya, sebuah karakter yang taat kepada kebenaran moralitas, kejujuran, aturan, hukum, etika, tanggung jawab, kepedulian, kehormatan, keadilan, harga diri untuk kejujuran, kemanusiaan, anti korupsi, anti mengambil yang bukan haknya, serta cerdas memperlakukan diri sendiri dalam sebuah hubungan atau interaksi sosial yang penuh tanggung jawab dalam kejujuran moral tertinggi.

Karakter etika adalah fondasi kehidupan untuk memfasilitasi hubungan interpersonal yang penuh kejujuran dalam keterbukaan.Termasuk, untuk memperkuat integritas diri agar dapat mengenali konflik kepentingan sejak dini, dan menghindari penyalahgunaan jabatan dan kekuasaan untuk kepentingan dirinya ataupun kelompoknya. Di sini, peran karakter etika akan terlihat sangat cerdas dan sadar sosial untuk membangun kehidupan sosial kemasyarakatan dalam integritas menuju kesejahteraan untuk semua orang. Karakter etika adalah karakter yang akan menjadi fasilitator untuk membantu semua orang, baik kawan maupun lawan, untuk hidup dalam rumah damai dan sejahtera.

Karakter etika adalah kekayaan sosial yang terbentuk dari akumulasi pikiran positif dan nilai-nilai atas dasar moralitas tertinggi dari setiap individu. Di mana, karakter etika akan mendorong kejujuran dan keadilan untuk menjadi panglima kehidupan bersama. Karakter Etika akan menjadi karakter yang memperlakukan setiap orang untuk memihak terhadap kejujuran, keadilan, kebenaran, dan kesejahteraan untuk semua orang dalam kompetisi kehidupan yang sehat dan seimbang.

Karakter etika adalah karakter yang cerdas membedahkan mana yang benar dan mana yang salah. Sebuah karakter yang terbentuk melalui prinsip-prinsip kehidupan yang punya niat baik untuk kemakmuran dan kebahagiaan semua pihak. Sebuah karakter yang memiliki visi dan mampu mengendalikan diri demi kebahagiaan, kesejahteraan, kemajuan, dan kedamaian hidup dari banyak orang, bukan sekedar untuk diri sendiri.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA