"Di Saat Customer Service Merasa Takut Dengan Suara Telepon Berdering, Maka Di Saat Itu Pelayanan Berkualitas Telah Gagal Diberikan." - Djajendra

CUSTOMER SERVICE HARUS PINTAR BERKOMUNIKASI

"Di Saat Customer Service Merasa Takut Dengan Suara Telepon Berdering, Maka Di Saat Itu Pelayanan Berkualitas Telah Gagal Diberikan." - Djajendra

Beberapa waktu yang lalu dalam sebuah pelatihan saya bertemu dengan seorang customer service yang takut dengan telepon berdering. Dia mengatakan bahwa setiap kali telepon berdering perasaannya menjadi tidak enak. Persoalannya, dia adalah customer service yang melayani komplain pelanggan. Artinya, setiap telepon yang masuk ke line dia pasti persoalan komplain. "Setiap hari saya harus mendengar suara marah dan energi negatif dari line telepon saya." Kata si customer service tersebut.

Saya selalu mengatakan bahwa pekerjaan customer service bukanlah pekerjaan yang mudah. Pekerjaan customer service merupakan pekerjaan yang memerlukan dukungan dari banyak aspek ilmu pengetahuan. Selain hard skills yang hebat diperlukan juga soft skills yang luar biasa, dan tidak semua orang memiliki bakat untuk menjadi customer service yang hebat. Hanya orang-orang bermental melayani dengan kemampuan untuk bersikap baik secara konsisten yang berpotensi menjadi customer service terbaik.

Keterampilan berkomunikasi adalah keterampilan yang paling penting dalam memberikan pelayanan berkualitas. Di saat customer service merasa takut dengan suara telepon berdering, maka di saat itu pelayanan berkualitas telah gagal ia berikan. Dan, salah satu cara berkomunikasi yang paling banyak dilakukan customer service adalah melalui telepon. Berkomunikasi menggunakan telepon berarti berkomunikasi dengan suara. Di sini tidak ada kontak fisik, di sini hanya ada suara. Suara yang keluar dari perasaan dan pikiran positif pasti akan terdengar positif.

Menjadi customer service yang melayani komplain pelanggan adalah pekerjaan yang memerlukan kecerdasan emosional untuk membuat diri kuat menghadapi tekanan seperti apa pun. Orang-orang yang cerdas secara emosional pasti mampu tampil tenang dan wajar di dalam tekanan. Artinya, di saat pelanggan menekan customer service dengan kata-kata yang keras dan pedas, bila si customer service cerdas secara emosional, maka dia pasti berpikir positif dan melayani pelanggan dalam bahasa yang sangat santun.

Cara termudah buat orang-orang yang tidak cerdas komunikasi adalah membalas kata-kata negatif dengan kata-kata negatif. Cara termudah buat orang-orang yang cerdas komunikasi adalah membalas kata-kata negatif dengan kata-kata positif yang penuh dengan solusi dan kebaikan. Customer service yang berkualitas pasti menjadi pribadi dengan ketahanan diri yang solid, dan pasti mampu memberikan solusi dan jawaban yang tepat untuk setiap komplain pelanggan. Pelanggan selalu punya hak untuk komplain tentang pelayanan yang kurang memuaskan, dan customer service selalu berkewajiban untuk memuaskan perasaan pelanggan atas pelayanan yang diberikan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com