"Layani Pelanggan Anda Dengan Sifat Dan Karakter Baik Anda, Dan Yakinlah Pelanggan Akan Mencintai Pelayanan Anda." – Djajendra



Pelangganlah Yang Membuat Bisnis Anda Besar

"Layani Pelanggan Anda Dengan Sifat Dan Karakter Baik Anda, Dan Yakinlah Pelanggan Akan Mencintai Pelayanan Anda." – Djajendra

Hari selasa, tanggal 7 Desember 2010 adalah tanggal merah, hari libur nasional. Saya bersama tim masuk kerja dan membuat persiapan untuk pelatihan excellent service, tanggal 8 Desember, di Perusahaan Daerah BPR Sumedang. Sekitar jam 12 siang kami berangkat dari Jakarta menuju ke kota Sumedang. Perjalanan kami santai dan lancar, waktu tempuh sekitar empat jam dengan kecepatan rata-rata mobil 80 km per jam. Sumedang sangat indah, kota yang dikelilingi pegunungan dengan udara yang sangat sejuk, membuat perasaan dan pikiran selalu damai.

Sekitar jam 16.30 wib kami tiba di Hotel Puri Mutiara, di jalan Prabu Geusan Ulun No 22 Sumedang, Jawa Barat. Hotel dengan fasilitas yang sangat sederhana, dan menurut informasi yang kami dapatkan, hanya hotel ini yang berkualitas baik di kota Sumedang, tidak ada pilihan untuk yang terbaik. Setelah check in dan beristirahat sekitar dua jam, kami keluar untuk mencari makan malam. Kota Sumedang adalah kota sejuta restauran tahu, di mana-mana, di setiap sudut kota, orang-orang berjualan tahu dengan aneka masakan Sunda.

Saat makan malam saya berbicara dengan seorang pemilik restauran tahu, saya bertanya-tanya tentang omset penjualan, dan alasan banyak orang berjualan tahu Sumedang. Dia menjawab bahwa banyak turis domestik yang suka mampir ke Sumedang untuk mencari tahu Sumedang. "Pelangganlah yang membuat usaha tahu kami menjadi besar, pelanggan kami dari seluruh Indonesia, dan semua orang yang mampir di Sumedang, pasti akan membeli tahu." – Kata ibu pemilik restauran tahu.

Pagi jam 07.30 wib kami harus check out, dan berangkat ke tempat pelatihan di Islamic Centre Sumedang. Saya masih ingat kata-kata si ibu pemilik restauran tahu, “ pelangganlah yang membuat usaha tahu kami menjadi besar.” Dalam bisnis pelangganlah nomor satu, tanpa pelanggan semua pengusaha pasti sulit menjalankan bisnisnya, dan di saat pengusaha sadar bahwa pelanggan sangat penting, maka dia akan berupaya secara maksimal untuk membangun kesadaran kepada setiap karyawannya, untuk melayani pelanggan dengan sepenuh hati dari perasaan yang paling tulus dan ikhlas dalam balutan perasaan cinta kepada pelanggan.

Untuk memberikan yang terbaik buat para pelanggan, Anda harus berpikir kreatif untuk menemukan sebanyak mungkin hal-hal terbaik, agar Anda tidak punya alasan untuk tidak memberikan pelayanan berkualitas kepada pelanggan Anda. Kerendah-hatian Anda dalam pelayanan, sifat terbuka Anda dalam pelayanan, sikap tanggung jawab Anda dalam pelayanan, dan konsistensi Anda untuk menjalankan standar pelayanan yang dijanjikan kepada pelanggan, akan membut bisnis dan organisasi Anda cemerlang di sepanjang jaman.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra