"Politik Kantor Diperlukan Untuk Mengelola Setiap Kepentingan Dan Perbedaan Buat Kekuatan Organisasi." - Djajendra

MEMAHAMI POLITIK KANTOR

"Politik Kantor Diperlukan Untuk Mengelola Setiap Kepentingan Dan Perbedaan Buat Kekuatan Organisasi." - Djajendra

Ketika di kantor orang-orang saling tidak setuju satu sama lain, maka diperlukan lobi untuk menyatukan ide-ide yang berbeda buat kejayaan organisasi. Lobi yang efektif hanya dapat dilakukan melalui kekuatan, karismatik, pengaruh, dan kekuasaan. Di mana, untuk semua hal di atas diperlukan kecerdasan politik kantor untuk membuat pilihan dan keputusan yang seimbang.

Apakah itu politik kantor? Politik kantor artinya pengetahuan untuk menjalankan kebijakan, siasat, strategi, ataupun cara dalam mempengaruhi pihak lain agar pihak lain tersebut mau mendukung ide dan rencana tertentu. Keterampilan politik kantor akan mampu membujuk semua kepentingan dan memaksa setiap orang untuk berpartisipasi membangun organisasi sesuai visi, misi, dan tujuan.

Salah satu contoh politik kantor yang efektif yaitu di saat pemimpin mampu mengangkat isu-isu strategis dalam organisasi, dan mendorong setiap orang untuk berpartisipasi dalam menyelesaikan isu-isu tersebut buat keberhasilan organisasi. Pemimpin yang cerdas pastinya akan menjadi aktor intelektual politik kantor yang unggul dan mampu memberdayakan setiap orang untuk berkontribusi buat kejayaan organisasi dan kepemimpinannya.

Keterampilan politik kantor harus mampu menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan rendah kadar konfliknya. Untuk itu, setiap perbedaan harus diselesaikan melalui debat yang sehat dan sesuai norma atau prinsip dasar organisasi. Setiap keyakinan harus menjadi kekuatan yang memperkaya kreativitas organisasi. Setiap keputusan harus dibuat berdasarkan pendapat atau rekomendasi dengan dukungan data dan fakta yang sempurna.

Politik kantor harus menjadi alat untuk menyatukan setiap perbedaan dan mengatur setiap unit kerja untuk dapat memimpin dan memecahkan masalahnya sendiri, serta mampu meningkatkan atau menciptakan suatu proses kerja yang efektif dan produktif.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra