PELATIHAN ETOS KERJA DAN MOTIVASI DJAJENDRA



PELATIHAN ETOS KERJA DAN MOTIVASI

Program 2 Hari 8 Sesi

Deskripsi Pelatihan

Bagi perusahaan, ada begitu banyak perilaku karyawan yang berpotensi merugikan pertumbuhan perusahaan, seperti: mengeluh, konflik, kurang kreatif, rendahnya komitmen kerja, rendahnya integritas, banyak menuntut, bekerja seadanya, suka menunda-nunda pekerjaan, disiplin kerja yang rendah, malas, kurang inisiatif, daya juang rendah, tidak fokus, sinis, apatis, minim gairah kerja, sulit berubah, kualitas kerja yang rendah, tidak rajin, tidak tekun, kurang antusias, dan kurang motivasi untuk melayani perusahaan. Padahal, perusahaan telah memiliki budaya organisasi dengan dukungan slogan, misi, visi, dan nilai-nilai perjuangan untuk memberikan arah kepada setiap fungsi dan aspek kerja, sehingga karyawan seharusnya tidak menyia-nyiakan waktu kerjanya dalam kebingungan, kemalasan, kebosanan, kejenuhan, dan ketidakpastian.
Oleh karena itu, setiap individu dalam perusahaan harus memiliki etos kerja dan kesadaran untuk saling bekerja sama dan mampu mensuport kepentingan strategi perusahaan dengan berkualitas; mempersiapkan pikiran kreatif, emosi cerdas, karakter, perilaku, pengetahuan, dan keterampilan untuk mendukung semua kebutuhan perusahaan dengan berkualitas; selalu fokus pada visi, misi, strategi, dan nilai-nilai perusahaan; mampu bekerja dengan kekuatan komunikasi, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan ikhlas bersatu dalam konsensus perusahaan; serta mendorong terciptanya lingkungan kerja yang solid dalam kerja sama, dan menyatu dalam sebuah kekuatan yang besar untuk menciptakan kinerja perusahaan yang optimal.
Membangun etos kerja yang cemerlang harus dimulai dari kualitas individu yang cemerlang untuk memperkuat kerja perusahaan dengan efektif. Artinya, peningkatan etos kerja yang solid akan terbentuk bila setiap individu yang hadir dalam perusahaan membawa misi pelayanan dan misi kontribusi kepada perusahaan untuk mencapai kinerja dan prestasi terbaik. Setiap orang dalam perusahaan harus memiliki tanggung jawab moral untuk menjadi satu kesatuan dalam sebuah kolaborasi, koordinasi, komunikasi, sinergi, dan prestasi bersama.
Etos kerja dalam perusahaan harus bersifat fleksibel dan mencair dalam semua kepentingan manajemen. Setiap perilaku kerja harus menjadi produktif dan memiliki sasaran kinerja yang jelas. Setiap perilaku kerja harus cerdas memecahkan setiap masalah dengan berkualitas. Setiap orang dalam perusahaan harus sadar bahwa keberadaan mereka dalam perusahaan adalah untuk mendukung semua unit kerja, peran kerja, fungsi kerja, dan aspek kerja perusahaan.

Konsep Dasar

Secara garis besar, pelatihan Peningkatan Etos Kerja Dan Motivasi, berangkat dari sebuah konsep dasar bahwa untuk menciptakan lingkungan kerja dengan etos kerja yang solid, maka setiap individu harus meningkatkan kualitas kerja sama dan kualitas diri sendiri agar mampu memberikan kontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan perusahaan. Termasuk, memiliki semangat pengabdian dalam bentuk pelayanan total untuk membantu perusahaan menghasilkan kinerja terbaik serta membawa manfaat buat stakeholders.

Tujuan Pelatihan

Membangun kesadaran dan mendorong motivasi, emosi, moral, keyakinan, dan kepercayaan diri peserta untuk mempraktikkan etos kerja dengan perilaku kerja yang profesional dan berkualitas, buat menjaga daya tahan perusahaan dalam menghadapi berbagai macam tantangan, baik itu yang berasal dari internal maupun eksternal perusahaan.

Manfaat Pelatihan

•Peserta akan mendapatkan pencerahan untuk menciptakan tempat kerja yang efektif, harmonis, dan yang membahagiakan semua pihak.

•Peserta akan mendapatkan nilai-nilai etos kerja terbaik untuk meningkatkan potensi diri. Antara lain: tanggungjawab, integritas, komitmen, rasa peduli, mental kerja keras, perasaan memiliki perusahaan, Kreatifitas, tekun, disiplin, loyalitas, berdedikasi kepada pekerjaan, berempati, perhatian pada kebutuhan perusahaan, dinamis, energik, terbuka, realistis, dan bersikap profesional terhadap fungsi dan peran kerjanya.

•Peserta mendapatkan pencerahan untuk meningkatkan perasaan syukurnya terhadap pekerjaan yang dimiliki sekarang ini, dan mampu memimpin diri sendiri dengan efektif di semua aspek, fungsi, dan peran kerja.

•Peserta akan mendapatkan pencerahan untuk membangkitkan potensi terbaik dari dalam diri, dan memahami bahwa pekerjaan sebagai kewajiban yang harus dikerjakan dengan total dalam tanggung jawab penuh.

•Peserta akan belajar cara meningkatkan kolaborasi, koordinasi, komunikasi, sinergi, pelayanan, dan kerjasama.

•Peserta akan belajar cara berkontribusi pada setiap proses kerja dengan nilai-nilai etos kerja yang berkualitas.

•Peserta akan belajar cara membuat kerja sama organisasi menjadi lebih kohesif dan terpadu.

•Peserta akan belajar cara membangun kepercayaan dan mengelola konflik dengan cerdas

•Peserta akan belajar cara membuat keputusan yang efektif, terencana, dan terkalkulasi secara risiko.

•Peserta akan mendapatkan tips dan trik untuk menuju hidup yang diperkaya dengan nilai-nilai positif.

•Peserta dapat mendiskusikan semua persoalan dan tantangan kerja, untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dari pembicara

Metode Pelatihan
Presentasi, Tanya Jawab, Brainstorming, Diskusi, Studi Kasus, Games, Role Play, Dan Ice Breaker.

Materi Pembahasan

Hari 1

Pk.09.00 – Pk.10.30 wib. Sesi 1: Keunggulan Pribadi Untuk Menjalankan Etos Kerja.
Dalam Sesi pertama, peserta akan belajar cara untuk memiliki kepribadian dan karakter yang berkualitas untuk mendukung etos kerja. Peserta akan dikenalkan dengan nilai-nilai kehidupan kerja, agar peserta mampu berkontribusi terhadap semua kepentingan strategis perusahaan dengan sempurna.

Pk.10.30 – Pk. 10.45 wib: Coffee Break

Pk.10.45 – Pk. 12.15. wib. Sesi 2: Membangun Budaya Kerja Sama.
Dalam sesi dua, peserta akan dicerahkan tentang pentingnya peran budaya kerja sama dalam membentuk lingkungan kerja, hubungan kerja, etos kerja, proses kerja, dan kebahagiaan hidup di tempat kerja.

Pk.12.15 – Pk.13.30 wib: Lunch Break

Pk.13.30 – Pk. 15.00. Sesi 3: Cara Mengembangkan Etos Kerja Di Perusahaan.
Dalam sesi tiga , peserta akan belajar cara untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan etos kerja terbaik. Khususnya, untuk memimpin semua fungsi dan peran kerja dalam semangat untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada perusahaan dan stakeholders.

Pk.15.00 – Pk. 15.15 wib: Coffee Break

Pk. 15.15 wib – 17.00 wib: Sesi 4: Ciri - Ciri Karyawan Yang Beretos Kerja Terbaik.
Dalam sesi empat, peserta akan diberi pencerahan dan motivasi untuk memahami ciri-ciri karyawan beretos kerja terbaik, termasuk memahami dampak etos kerja terhadap pertumbuhan perusahaan dan perkembangan kepribadian karyawan.

Hari 2

Pk.09.00 – Pk. 10.30 wib. Sesi 5 Kecerdasan Emosional Untuk Mengelola Konflik.
Dalam sesi lima, peserta akan belajar cara memanfaatkan kecerdasan emosional untuk menghadapi dan mengelola konflik menjadi energi kerja sama.

Pk.10.30 – Pk. 10.45 wib: Coffee Break

Pk. 10.45 – Pk 12.15 wib. Sesi 6: Motivasi - Sukses Dalam Pekerjaan Dan Sukses Dalam Kehidupan
Dalam sesi enam, peserta akan dicerahkan tentang cara membangun kesuksesan kerja dan pribadi dengan kekuatan motivasi diri sendiri.

Pk. 12.15 – Pk 13.30 wib: Lunch Break

Pk. 13.30 – Pk 15.00 wib. Sesi 7: Budaya Percaya (Trust) - Saling Percaya, Berkomunikasi, dan Menghormati.
Dalam sesi tujuh, peserta akan belajar cara menjalankan budaya trust (percaya), yaitu melalui hubungan kerja yang saling percaya, saling mendukung, saling berkomunikasi, saling berkontribusi, saling menghormati, serta saling menjaga kebersamaan dan keharmonisan di tempat kerja.

Pk.15.00 – Pk.15.15 wib: Coffee Break

Pk.15.15 – Pk. 17.00 wib. Sesi 8: Kekuatan Sikap Baik Dalam Pelayanan Di Internal Perusahaan.
Dalam sesi delapan, peserta dicerahkan untuk memahami kekuatan sikap baik dalam memberikan pelayanan di internal perusahaan secara profesional.

UNTUK TRAINING HUBUNGI:
www.djajendra-motivator.com
Phone: 021 32849777 – 021 32168111
Mobile phone : 08128777083 - 081399256111
Fax : 021- 57 992 842
Email: training@djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra