RENUNGAN KEMERDEKAAN RI KE 65 – 17 AGUSTUS 2010

Negara merdeka berarti seluruh rakyatnya merdeka untuk mengeksplorasi potensi dirinya dalam batas-batas tanggung jawab. Setiap orang di negara merdeka harus berjuang dan bekerja keras untuk mengisi kemerdekaan dengan sepenuh hati sesuai visi kemerdekaan. Setiap orang di negara merdeka adalah jiwa-jiwa bebas yang harus hidup dalam batas-batas tanggung jawab moral, etika, dan toleransi. Setiap orang di negara merdeka adalah energi produktif yang harus berpikir kreatif untuk menghasilkan inovasi buat kemajuan peradaban dan kehidupan. Setiap orang di negara merdeka adalah kekuatan yang menciptakan pekerjaan, bukan kekuatan yang mencari-cari pekerjaan. Setiap orang di negara merdeka adalah energi yang harus menggerakan visi kemerdekaan bangsa ke puncak kejayaannya.

Bangsa yang merdeka tidak akan pernah berkeluh-kesah, tapi selalu mempersiapkan jiwa dan raganya untuk menjadi bangsa terbaik. Bangsa yang merdeka selalu memiliki sifat patriotisme untuk menjaga negaranya dengan integritas tinggi. Bangsa yang merdeka tidak akan pernah mengeksplorasi alamnya sehingga tanah airnya dalam bencana. Bangsa yang merdeka lebih suka mengeksplorasi potensi diri sendiri untuk disumbangkan kepada tanah air tercinta. Bangsa yang merdeka tidak pernah menjual tanah airnya kepada siapa pun, sebab tanah airnya adalah tanah tumpah darah yang harus dirawat sebagai pusaka yang sakral.

Bangsa yang merdeka tidak pernah kalah oleh kekuatan uang, tapi tunduk pada hukum, etika, moralitas, dan keadilan. Bangsa yang merdeka memiliki kehormatan untuk memperjuangkan cita-cita kebangsaannya dengan total dan penuh tanggung jawab. Bangsa yang merdeka memiliki dedikasi dan toleransi untuk menghormati perbedaan dan keragaman. Bangsa yang merdeka selalu hidup dalam pikiran dan perasaan merdeka. Bangsa yang merdeka membangun perasaan damai, nyaman, dan aman di hati setiap warga negaranya.

Selamat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 65 Semoga Selalu Sukses Mencapai Visi Kebangsaannya. 17 Agustus 2010

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra