Membangun Bisnis Melalui Cerita

"Ceritakan Visi Bisnis Anda Dengan Jelas Agar Dapat Diwujudkan Dengan Sempurna." - Djajendra

Tidak selalu seorang pemilik usaha harus membuat rencana bisnis dalam sebuah strategi tertulis yang penuh dengan kalkulasi, lalu mendiktekannya kepada para karyawan. Rencana bisnis dan rencana kerja perusahaan dapat juga dijalankan melalui cerita. Hal ini dilakukan oleh seorang kenalan saya dalam menjalankan usahanya. Dia selalu menyebarluaskan visi, misi, dan tujuan perusahaannya kepada para karyawan melalui cerita. Strategi dilapangan dia serahkan kepada masing-masing manajer untuk mencapai target. Artinya, setiap manajer diberi wewenang penuh untuk memiliki pilihan dan strategi yang sesuai dengan selera mereka dalam mendapatkan target yang diinginkan.
Cara kerja si pemilik usaha ini adalah bercerita kepada setiap pimpinan unit kerja dan karyawan tentang hal-hal yang dia inginkan dalam perusahaannya untuk periode tertentu. Lalu, dia memberikan motivasi, harapan, tanggung jawab, dan kebebasan kepada karyawannya dalam mencapai seluruh isi cerita yang dia ceritakan tersebut. Para karyawan dan pimpinan unit kerja akan menampung semua cerita dan keinginan si pemilik usaha. Lalu, dari cerita tersebut mereka akan mulai membuat sebuah bisnis plan bersama strategi untuk mencapainya. Si pemilik usaha tidak terlalu peduli kepada isi bisnis plan tersebut, tapi dia sangat peduli kepada isi ceritanya, dan secara rutin setiap minggu dia adakan rapat untuk menagih kepada setiap pimpinan unit kerja tentang kemampuan mereka dalam mewujudkan ceritanya menjadi realitas.
Mungkin karena sudah terbiasa dan menjadi budaya organisasi, para karyawan mampu mengambil sikap yang jelas, benar, dan masuk akal terhadap semua isi cerita si pemilik usaha. Si pemilik usaha juga dalam setiap pertemuan selalu mengulangi ceritanya dan mendorong setiap orang untuk membentuk masa depan usahanya sesuai ceritanya.
Setiap orang diperusahaan diminta untuk membayangkan ceritanya dan menanamkan ceritanya ke dalam pikiran bawah sadar mereka. Setiap orang di perusahaan harus berpartisipasi dalam proses menginternalisasikan cerita si pemilik ke dalam mind set mereka, dan bersama-sama dengan si pemilik membuat daftar prioritas dalam mengerjakan pilihan-pilihan yang ditetapkan. Kemudian setiap orang harus memulai kerja nyata mereka masing-masing untuk mewujudkan cerita si pemilik menjadi nyata.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra