Konfrontasi Tidak Berarti Melawan

"Konfrontasi Bukanlah Tempat Untuk Saling Berdebat Mencari Kebenaran, Tapi Tempat Untuk Saling Berendah Hati Mencari Kedamaian." -Djajendra

Salah satu cara penyelesaian konflik adalah melalui konfrontasi. Konfrontasi dalam konflik artinya setiap pihak yang berkonflik mau berdialog atau berbicara langsung untuk mencari solusi yang bisa menghapus konflik. Konfrontasi harus dilakukan dengan cara-cara yang santun dan saling menghormati. Konfrontasi harus bertujuan untuk menyusun kembali secara bersama-sama benang kusut penyebab konflik. Semua pihak yang berkonflik harus saling mendengar, saling berbicara, saling memaafkan, dan mulai membuat komitmen baru untuk mengakhiri semua konflik dengan perasaan ikhlas.

Setiap orang yang hadir dalam konfrontasi harus datang dengan jiwa besar dan perasaan nyaman. Setiap percakapan harus dilakukan dengan tujuan menciptakan kesamaan dan tidak dibenarkan untuk mencari perbedaan atas keadaan. Setiap argumen harus bertujuan untuk mengakhiri konflik dan tidak boleh menciptakan benih konflik baru. Kekuatan dalam konfrontasi ada pada kecerdasan emosional, pikiran positif, dan gairah untuk hidup saling berdampingan dalam damai.

Dalam konfrontasi diperlukan kekuatan mental dan perilaku yang mampu menahan godaan untuk tidak mengatakan hal-hal baru yang berpotensi menimbulkan konflik. Konfrontasi bukanlah tempat untuk saling berdebat mencari kebenaran, tapi tempat untuk saling berendah hati mencari kedamaian. Konfrontasi tidak berarti melawan nilai, asumsi, persepsi, keyakinan, dan mind set pihak lain, tapi duduk bersama untuk saling mendengarkan buat menciptakan keharmonisan bersama.

Dalam konfrontasi jangan pernah ingin mencari kebenaran dengan obsesi untuk membuktikan kesalahan pihak lain. Miliki gambar besar dari resolusi konflik yang Anda inginkan sebelum konfrontasi. Fokuskan konfrontasi pada persoalan sebenarnya dan jangan lari dari masalah inti. Pastikan Anda hadir dalam konfrontasi dengan niat untuk hidup damai dalam berbagai perbedaan.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Popular posts from this blog

8 JUDUL TRAINING MOTIVASI DJAJENDRA

"Karakter Etika Terbentuk Dari Nilai-Nilai Kehidupan Yang Mampu Membedahkan Mana Yang Benar Dan Mana Yang Tidak Benar Melalui Akal Sehat Dan Hati Nurani Yang Cerdas Emosi." - Djajendra