Mempertahankan Dan Memotivasi Karyawan

"Kecerdasan Manajemen Untuk Mengintegrasikan Strategi Perusahaan Ke Mind Set Dan Perilaku Kerja Karyawan Akan Membuat Perusahaan Lebih Kuat." - Djajendra

Sering saya ditanya oleh pimpinan HRD tentang cara membuat karyawan agar selalu bersemangat untuk menghasilkan kinerja terbaik. Biasanya saya akan balik bertanya lagi sebelum memberikan jawaban. Pertanyaan saya sederhana, apakah perusahaan telah mengintegrasikan strategi perusahaan kepada etos kerja dan mind set karyawan? Bila manajemen sudah mengintegrasikan strategi perusahaan ke dalam etos kerja dan emosional karyawan, maka hal ini akan membantu karyawan untuk menempatkan diri pada posisi yang tepat, untuk mengejar sasaran dan target perusahaan dengan optimal. Artinya, kehebatan kerja seorang karyawan sangat ditentukan oleh kecerdasan manajemen untuk mengintegrasikan strategi perusahaan ke mind set dan perilaku kerja karyawan.

Setelah mengintegrasikan strategi perusahaan ke dalam etos kerja, mind set, dan emosional karyawan, perusahaan harus mempengaruhi motivasi kerja karyawan dengan penghargaan, agar sikap dan perilaku karyawan mau mendukung strategi perusahaan.

Penghargaan kepada karyawan dalam bentuk pujian, hadiah, gaji yang menarik, dan lain sebagainya akan mempersambungkan semangat karyawan kepada strategi perusahaan, dan kemudian bekerja secara total buat mewujudkan strategi perusahaan menjadi nyata.

Komunikasi yang bersifat mencerahkan dan memotivasi adalah cara untuk memperkuat loyalitas dan dedikasi karyawan terhadap strategi perusahaan.

Perusahaan harus memperlakukan karyawan sebagai aset terpenting di antara semua aset yang ada di perusahaan. Sebab, mind set perusahaan yang menganggap karyawan sebagai aset terpenting akan menciptakan pendekatan yang menambahkan nilai positif kepada semua aktivitas produktif perusahaan.

Imbalan yang menarik dan penghargaan yang tulus akan menarik motivasi karyawan untuk mengabdi secara total kepada perusahaan. Dan hal ini akan membantu perusahaan untuk menarik orang-orang terbaik untuk bergabung dengan perusahaan; mempertahankan orang-orang terbaik untuk tidak kabur dari perusahaan; dan mampu menjadi alat untuk memotivasi karyawan buat kinerja, reputasi, dan prestasi terbaik.

untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com