Trust Your Inner Wisdom

"Ketika Mataku Melihat Bintang Di Langit Aku Hanya Melihat Sinar Putih Yang Cemerlang. Ketika Batinku Melihat Bintang Di Langit Aku Mendengar Pesan Bintang Untuk Bersinar Seperti Dirinya." - Djajendra

Hidup ini adalah sebuah keajaiban yang memberikan segala kemudahan bagi orang-orang yang terus memperjuangkan segala sesuatu hal secara terfokus. Apa pun kesulitan pasti dapat dilewati oleh seseorang jika ia mau bersabar, berfokus, berjuang, bekerja keras, dan tidak ngotot.
Mencemaskan kehidupan adalah sebuah sikap yang sangat membahayakan diri. Sebab, sikap cemas hanya akan membuat matinya senyum, hilangnya perasaan rileks, munculnya sakit kepala, dan terganggunya kenyamanan dan kebahagian hidup.
Suatu ketika seseorang berbicara dengan saya tentang ketidakmengertian dia dalam hidup ini. Dia tidak memiliki pekerjaan tetap; tidak memiliki tabungan satu rupiah pun; tidak memiliki harta benda apa pun, kecuali keterampilan sebagai broker jual-beli-sewa property; dia belum punya rumah, masih ngontrak; dia juga harus menyekolahkan tiga orang anak dan membiayai hidup isteri dan anaknya. Dia selalu tidak punya bayangan dan tidak mengerti tentang bagaimana cara untuk membiayai pengeluaran keluarganya untuk esok hari, sebab semuanya sangat tergantung kepada adanya transaksi jual-beli-sewa property, agar ada komisi yang ia dapatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup dia dan keluarganya. Hal ini sudah berlangsung lebih dari dua puluh tahun, saat ini ketiga anaknya sudah menjadi sarjana dan dua tahun yang lalu dia sudah mampu membeli rumah sendiri. Saat saya tanya apa yang membuat dia bisa nyantai menjalani hidupnya, jawaban dia adalah bahwa dia sangat percaya Tuhan tidak akan membuat keluarga dan dirinya mengalami kesulitan bila ia dan keluarga mau menjalani hidup dengan sabar dan berjuang terus dengan sabar dan sabar! Hidup itu memang sangat ajaib! Saat Anda mampu memiliki inner wisdom dan Anda percaya pada keajaiban inner wisdom Anda, maka Anda akan menjalani hidup Anda dengan santai dan tanpa rasa cemas tentang hari esok. Inner wisdom dari orang yang berbicara dengan saya itu adalah dia percaya bahwa Tuhan tidak akan memberi kesulitan kepada dirinya dan keluarganya. Dia hanya butuh sikap sabar dan tidak panik dalam menjalani kehidupan sehari-hari, walau tanpa kepastian tentang hari esok.
Semua hal buruk pasti akan lenyap bila hal buruk itu dilakoni dengan sikap baik yang penuh keyakinan untuk berhasil. Persoalan hidup muncul bila seseorang terlalu ngotot dan tidak sabar untuk mendapatkan sesuatu. Sikap ngotot dan tidak sabar ini hanya akan membesarkan ego dan nafsu diri untuk hidup dalam penjara kepanikan dan kebingungan.
Kehidupan ini disiapkan secara alamiah untuk mencari jawaban-jawaban buat kebahagian, kemakmuran, dan kesehatan setiap orang secara kreatif, berani, dan penuh tanggung jawab. Hanya pribadi-pribadi yang dengan kekuatan inner wisdom mampu menjalani kehidupan yang santai, menyenangkan, penuh senyum dan bahagia. Sedangkan orang-orang tanpa inner wisdom akan berada dalam kepanikan dan kebingungan untuk memikirkan hari esok yang tak jelas.
Rasa cemas hanya akan menghapus semua potensi kebahagian seseorang. Oleh karena itu, saatnya bangkit menata diri sendiri dengan kekuatan inner wisdom, yang mampu memberi sugesti sukses dan membangun kepercayaan diri yang tangguh untuk masa depan yang lebih cemerlang.