Sukses Sejati Hanya Dapat Ditemukan Di Jalan Proses, Bukan Di Jalan Pintas

"Semakin Ngotot Dan Ambisius Anda Mengejar Sukses, Semakin Banyak Halangan Dan Tantangan Yang Akan Menguji Anda." - Djajendra

Semakin hari semakin banyak orang-orang terobsesi untuk mempelajari semua ilmu pengetahuan yang menjanjikan sukses melalui jalan pintas dan secara instant. Ada yang berharap setelah membaca buku rahasia sukses, bisa langsung sukses. Ada juga yang berharap setelah mengikuti training - training motivasi sukses, bisa langsung sukses. Ada juga yang berharap setelah memiliki jimat sukses, bisa langsung sukses. Mental jalan pintas tak akan pernah menghadirkan sukses sejati ke dalam hidup siapa pun. Umumnya, definisi sukses yang dipahami kebanyakan orang adalah menjadi kaya raya dengan dikelilingi banyak barang-barang mewah. Padahal sukses sejati itu artinya seseorang harus meraih keseimbangan hidup dalam wujud rasa damai, rasa bahagia, rasa sehat, dan rasa sejahtera. Dan, semua ini tidaklah mungkin dapat diraih melalui jalan pintas yang penuh ambisi, tapi diperlukan kerja keras, pengorbanan, kesabaran, keberanian, waktu dan jalan proses yang panjang dan yang penuh perjuangan. Kalau hanya sekedar ingin menjadi kaya raya dengan dikelilingi barang-barang mewah, mungkin saja jalan pintas dan cara-cara instant bisa mencukupinya. Tapi sangatlah sayang kalau hidup ini hanya digunakan untuk mengumpulkan barang-barang mewah saja, sedangkan diri sendiri hampa dan tanpa nilai-nilai kehidupan yang bijak.
Semakin ngotot dan berambisi Anda mengejar sukses sejati, semakin menjauh sukses sejati dari diri Anda dan semakin banyak penderitaan yang akan mendekati Anda. Sukses sejati membutuhkan kehidupan yang seimbang, kehidupan yang tenang dan yang tidak panik, kehidupan yang dijalankan melalui kebijaksanaan hidup dengan nilai-nilai kehidupan positif. Oleh karena itu, Anda butuh sikap jujur kepada diri Anda sendiri, sikap jujur untuk mau berjuang keras dan mau bekerja cerdas melalui jalan proses. Jadi, pastikan Anda tidak menyia-nyiakan waktu Anda untuk bolak-balik mencari jimat sukses secara instant. Tapi gunakan waktu Anda untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, bakat, dan potensi diri Anda; gunakan juga waktu Anda untuk meningkatkan kualitas dari rasa syukur; untuk meningkatkan kualitas dari motivasi dan semangat diri; untuk meningkatkan kualitas dari rasa sabar, rasa tenang, rasa berkecukupan, dan rasa bahagia Anda. Sisanya, serahkan kepada takdir Tuhan.