Role Play Membuat Anda Lebih Trampil

Manusia hidup dalam sebuah training kehidupan yang mewajibkan dirinya untuk berlatih dan belajar secara terus-menerus sampai akhir hari kehidupannya. Tidak ada kata tamat dalam training kehidupan, sebab setiap hari adalah hari training.

Jika Anda ingin sukses dalam hidup Anda, maka ada satu hal terpenting yang harus Anda lakukan dalam sepanjang perjalanan hidup Anda, yaitu Anda harus mampu memainkan peran kehidupan dengan sempurna.
Bila pekerjaan sehari-hari Anda sebagai customer service, maka peran pelayanan sempurna haruslah bisa Anda mainkan dengan sempurna. Bila pekerjaan sehari-hari Anda sebagai big bos, maka peran sebagai pemimpin bijak dan cerdik haruslah bisa Anda mainkan secara sempurna.
Demikianlah saudara-saudara, peran dalam kehidupan merupakan realitas yang tak mungkin bisa dihindari oleh siapa pun. Anda harus ingat bahwa setiap orang mempunyai perannya sendiri-sendiri di dalam hidup yang sangat kompleks ini, dan setiap orang harus cerdas memainkan perannya secara sempurna. Bila Anda tidak cerdas memainkan peran kehidupan Anda, maka Anda akan tersingkir dari daftar orang sukses.
Permainan peran atau role play bukanlah monopoli orang film dan teater, tapi telah menjadi kebutuhan dari semua sektor kehidupan. Khususnya dalam kehidupan dunia bisnis, di mana setiap orang yang bekerja di sebuah perusahaan atau organisasi bisnis haruslah terampil dan bijak dalam memainkan perannya, sesuai tugas dan tanggung jawab yang diberikan perusahaan kepadanya.
Kehidupan dunia kerja atau dunia bisnis yang semakin tidak sederhana, mengharuskan para pelakunya untuk berlatih peran kehidupan pekerjaan sehari-hari dengan lebih baik, agar mampu menjawab semua tantangan yang mereka hadapi seharian dengan lebih sempurna.
Seorang pemimpin tidak lagi bisa mengandalkan bakat dan karismanya, tapi juga harus secara disiplin melatih peran kepemimpinan yang dijalaninya secara profesional. Demikian juga dengan Anda yang bekerja melayani orang lain, tidak lagi sekedar fokus untuk terampil memuaskan kebutuhan orang lain, tapi Anda harus cerdas dan bijak menjalankan peran pelayanan yang Anda jalankan dalam kehidupan sehari-hari Anda, agar Anda bisa menjadi pribadi yang lebih istimewa di bandingkan yang lain.

Berikut ini saya berikan sebuah contoh tentang Role Play yang di dikombinasikan dengan ice breaker games, hasil penggabungan ini saya sebut Role Play Games. (Permainan ini sering saya lakukan dalam training motivasi)

Tema RPG: Menjadi Diri Sendiri Bersama Cahaya Terang Kehidupan

Aturan Permainan:

Setiap orang menyalakan lilinnya dan berimajinasi bahwa lilin tersebut adalah ”cahaya suksesnya”. Setiap orang berdiri dan mulai menyanyikan lirik lagu menurut versinya masing-masing. Konsentrasikan jiwa dan pikiran hanya pada lirik lagu, jangan tergoda pada siapapun. Ingat! Konsentrasikan jiwa dan pikiran hanya pada lirik lagu dengan versi Anda, jangan mengikuti versi orang lain.

Aku ingin sukses.......
Aku harus sukses......
Aku menginspirasi harapanku.....
Tujuan Hidupku jelas dalam terang
Aku Orang sukses.......Aku orang sukses.....Aku orang sukses.

Kelimpahan milikku.......
Kemudahan punyaku.....
Rasa syukur hartaku.....
Bahagia sahabatku........
Aku orang sukses.....Aku orang sukses....Aku orang sukses.

Aku adalah orang yang seperti aku inginkan.....
Tuhan selalu bersamaku.....
Membantu jalanku......
Menuju pintu sukses.......
Aku orang sukses.....Aku orang sukses....Aku orang sukses.....

untuk seminar/training hubungi www.ninecorporatetrainer.com