Pemimpin Yang Memfasilitasi Perubahan

"Semua Orang Yang Bingung Harus Dicerahkan Dengan Pengetahuan, Wawasan, Dan Inti Kebijaksanaan Yang Dapat Menyentuh Hati Dan Pikiran, Agar Mereka Yang Bingung Menjadi Tidak Bingung Lagi. Dan Itulah Tugas Utama Pemimpin Dalam Memfasilitasi Perubahan."-Djajendra

Ketika orang-orang sibuk dan bingung memikirkan masa depan yang tidak pasti, saatnya bagi pemimpin untuk muncul kepermukaan dan menenangkan hati semua orang, serta menciptakan jalan keluar untuk masa depan yang jelas dan terarah secara positif. Pemimpin harus berani berbicara dan bertindak untuk menemukan solusi-solusi yang sempurna buat masa depan yang gemilang. Tradisi dan kebudayaan lama yang menghambat jalannya perubahan menuju masa depan yang gemilang haruslah ditinggalkan dan dihapus. Semua orang yang bingung harus dicerahkan dengan pengetahuan, wawasan, dan inti kebijaksanaan yang kuat dan andal, agar mereka yang bingung menjadi tidak bingung lagi.
Perubahan hanya akan berlangsung mulus bila pemimpin berani memimpin dengan sikap tegas dan jujur untuk menghadapi ketidakpastiaan yang ada. Pemimpin wajib menunjukkan sikap hormat kepada orang-orang yang telah bekerja keras membantu dan melayani organisasi dengan tulus dan ikhlas. Melakukan perubahan sambil menjaga harga diri dan perasaan semua orang tidaklah mudah. Tapi, pemimpin sejati pasti mampu melewati semua badai perbedahan dengan kekuatan cinta dan kasih sayang. Sistem dan kultur usang haruslah tergantikan dengan sistem dan kultur yang lebih sesuai dengan tantangan zaman. Melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan semua pihak, untuk menghasilkan cara-cara kerja baru dengan dukungan pengetahuan baru, haruslah menjadi langkah yang jitu dari pemimpin untuk menuju perubahan. Pemimpin harus terlihat tidak ambisius dengan sikap tergesa-gesa, tapi selalu bergerak dengan sikap sabar yang dibalut dengan kerendahan hati yang besar. Semua perubahan harus dijadwalkan secara rapi dan terarah pada sasaran tertinggi dari perubahan yang diinginkan.
Pemimpin sebagai fasilitataor perubahan yang andal harus menciptakan iklim positif yang penuh gairah dan antusias, untuk mempermudah tumbuh berkembangnya organisasi ke arah yang lebih baik. Pemimpin tidak boleh menyombongkan diri karena sukses atas kepemimpinannya bersama perubahan tersebut. Pemimpin harus menciptakan tradisi dan budaya organisasi yang tidak takut pada tantangan perubahan. Dan untuk itu, pemimpin wajib menetapkan beberapa prinsip dasar buat masa depan organisasi, yaitu:

1.Menciptakan Sistem Dan Budaya Yang Mampu Secara Proaktif Menjawab Tantangan-Tantangan Tersulit.

2.Menciptakan Sistem Dan Budaya Yang Mampu Melakukan Koordinasi Dan Kolaborasi Dalam Memenuhi Rasa Tanggung Jawab Bersama.

3.Menemukan Visi Yang Bijaksana Mengenai Masa Depan Yang Lebih Gemilang.

4.Mengkomunikasikan Visi Tersebut Dengan Semua Orang Di Dalam Organisasi Sehingga Orang-Orang Secara Total Dan Utuh Mampu Memahami Dan Menerima Visi Tersebut Dengan Senang Hati Dan Tanpa Beban.

5.Menghilangkan Semua Prasangka Buruk Dan Semua Hambatan Yang Menghalangi Perubahan Agar Semua Orang Dapat Bertindak Secara Tegas Dan Jelas.

6.Membuat Gebrakan-Gebrakan Positif Yang Memperlihatkan Manfaat Dari Proses Perubahan Yang Sedang Berlangsung Itu.

7.Tidak Menyerah Dan Putus Asa Sampai Perubahan Tersebut Memberikan Manfaat Yang Besar Buat Semua Orang.

8.Pemimpin Dan Semua Orang Harus Memahami Bahwa Perubahan Tidak Akan Dapat Diatasi Dengan Sikap Keras Kepala Dan Tradisi Yang Sangat Mengakar Dan Sulit Dihapus Dari Kehidupan Nyata.

9.Pemimpin Dan Semua Orang Harus Rela Dan Ikhlas Untuk Menyingkirkan Kenyamanan Lama Yang Tidak Produktif.

10.Pemimpin Dan Semua Orang Harus Mau Belajar Dan Melatih Diri, Untuk Selalu Tampak Siap Dalam Menghadapi Tantangan Perubahan Apapun.

11.Pemimpin Dan Semua Orang Harus Mampu Merumuskan Kompetensi, Standar Kerja, Dan Gaya Hidup Berorganisasi Yang Baru Setelah Perubahan.

12.Pemimpin Dan Semua Orang Harus Selalu Percaya Diri, Profesional, Lugas, Tegas, Dan Yakin Pada Kesuksesan Mereka Bersama Perubahan.