Menjadi Pekerja Yang Tercerahkan

"Kerjakan Pekerjaan Anda Sebelum Bos Anda Tiba Di Tempat Kerja, Dan Akhiri Hari Kerja Anda Di Kantor Setelah Bos Anda Puas Dengan Kinerja Anda." - Djajendra

"Pikiran, Dari Dan Di Dalam Dirinya Sendiri, Dapat Membuat Neraka Menjadi Surga, Dan Surga Menjadi Neraka." – John Milton

Sering sekali seorang pekerja atau karyawan merasa tidak bahagia di tempat kerja. Merasa ada begitu banyak hambatan untuk meraih sukses. Merasa ada begitu banyak orang-orang licik disekitar pekerjaannya. Merasa tidak nyaman, tidak aman, tidak puas, dan tidak bergairah dengan keadaan dirinya di tempat kerja.
Kenapa semua ini bisa terjadi? Padahal untuk mendapatkan pekerjaan tersebut mungkin ia harus melalui berbagai test, interview, cobaan, perjuangan, dan pengorbanan. Lantas, kenapa setelah pekerjaan didapatkan ia menjadi lupa akan perjuangan dan pengorbanan itu?
Rasa jenuh dan bosan dengan pekerjaan dan tempat kerja adalah sebuah keadaan kondisi emosi jiwa yang tidak stabil, dan biasanya hal ini yang menjadi penyebab seseorang merasa tersiksa di tempat kerjanya. Oleh karena itu, pastikan Anda merasa bertanggung jawab penuh atas masa depan diri Anda sendiri. Anda tidak boleh terombang-ambing oleh ketidakstabilan emosi diri Anda. Anda harus berupaya sedemikian rupa untuk membuat diri Anda menjadi tercerahkan, diri Anda yang tercerahkan oleh rasa syukur dan rasa nikmat dengan segala kondisi dan keadaan Anda di hari ini.
Sikap kurang puas terhadap prestasi dan kinerja diri Anda boleh-boleh saja Anda miliki, tapi bukan berarti Anda boleh melupakan rasa syukur, rasa nikmat, dan ucapan terima kasih Anda kepada Tuhan. Tuhan adalah maha adil, maha penyayang, maha pemberi kebaikan, maha pemberi segala kebahagiaan dan kenyamanan hidup. Dan, semua ini akan mewujud di dalam diri Anda saat Anda mampu hidup dalam rasa syukur, rasa nikmat, dan mengucapkan doa-doa terima kasih atas kebaikan Tuhan kepada Anda.
Anda harus menjadi pribadi dengan berbagai macam pilihan dan solusi hidup, jangan biarkan diri Anda berada di ruang kehidupan yang sempit dan gelap, tapi nyalakan cahaya terang di dalam batin dan pikiran terdalam Anda.
Pastikan perusahaan Anda telah memiliki slogan-slogan misi, visi, dan nilai-nilai perjuangan yang mampu memberikan pencerahan dan penerangan kepada setiap aspek kerja dan aspek bisnis perusahaan, sehingga para pekerja mampu mendapatkan cahaya terang dari perusahaan untuk mengisi jiwa dan pikiran mereka.
Pernyataan misi dan visi perusahaan yang jelas dan sederhana akan menjadi kompas buat para pekerjanya, menjadi petunjuk untuk mengerjakan hal-hal prioritas dan mampu membuat keputusan-keputusan yang benar, sehingga pekerja tidak menyia-nyiakan waktu kerjanya dalam kebingungan, kemalasan, kebosanan, kejenuhan, dan ketidakpastian.
Perusahaan yang profesional pasti akan menyiapkan sistem kerja yang manusiawi, tata tertib dalam sikap baik, aturan untuk membangun kebahagiaan dan kedamaian di tempat kerja, SOP untuk menciptakan pelayanan dan produk berkualitas tinggi, kebijakan yang mampu melihat hari esok dengan lebih optimistis, serta kepedulian dan perhatian kepada karir dan kesejahteraan pekerja.
Setiap pekerja harus mampu mengembangkan dirinya dengan sikap baik dan sikap profesional dalam pekerjaan. Dan, mampu menikmati pekerjaan dengan nyaman dan damai, untuk itu pekerja harus menemukan kemerdekaan dirinya dalam kebenaran pekerjaan yang ditekuni. Ingat! Saat pekerjaan Anda mampu menghasilkan kebenaran dan kemerdekaan dalam batin Anda, maka Anda akan merasa pekerjaan Anda itu sebagai panggilan jiwa, dan roh Anda akan menyatu dalam kebahagian bersama pekerjaan Anda tersebut.
Jangan pernah menangisi pekerjaan yang Anda miliki saat ini, gunakan semua waktu Anda untuk mengucap syukur atas pekerjaan yang Anda miliki saat ini. Kerjakan pekerjaan Anda sebelum bos Anda tiba di tempat kerja, dan akhiri hari kerja Anda di kantor setelah bos Anda puas dengan kinerja Anda.
Kerjakan semua hal-hal kecil di dalam pekerjaan Anda tanpa mengecilkannya, tapi menghormatinya dengan kualitas diri Anda yang tinggi.

" Jalan Menuju Kebahagiaan Terletak Dalam Dua Prinsip Sederhana: Temukan Hal Yang Menarik Minat Anda Dan Yang Dapat Anda Lakukan Dengan Baik, Dan Ketika Anda Sudah Menemukannya, Berikan Segenap Jiwa Anda Kepadanya, Curahkan Segala Energi, Ambisi, Dan Kemampuan Alami Yang Anda Miliki." – John D Rockefeller 111