Mahasiswa Berusia 19 Tahun Menjadi Walikota

"Saya ingin sebuah pemerintahan yang terbuka, saya tidak akan memonopoli gagasan-gagasan yang baik." Kata John Tyler Hammons.

John Tyler Hammons adalah seorang mahasiswa tingkat pertama ilmu politik di universitas Oklahoma, Amerika Serikat. Ia yang usianya belum genap sembilan belas tahun telah berhasil menjadi walikota di Muskogee, Oklahoma, Amerika Serikat.
Posisinya yang masih mahasiswa tingkat pertama tidak membuat dirinya kehilangan kendali, tapi dengan keyakinan, keberanian, dan kepercayaan diri untuk menjadi pemimpin masa depan, ia berhasil memenangkan pemilihan walikota di Muskogee dengan suara telak tujuh puluh persen, dengan mengalahkan pemimpin senior yang telah berusia tujuh puluh tahun dan yang sangat berpengalaman di pemerintahan kota tersebut.
John Tyler Hammons telah membuktikan kepada dunia anak muda untuk bercita-cita setinggi langit dan berjuang keras meraih cita-cita. Ia melangkah untuk mengikuti pemilihan walikota dengan rencana jangka panjang menjadi president Amerika Serikat. John Tyler Hammons merupakan sedikit dari pemimpin muda yang mau berpikir besar. Usianya yang belum genap sembilan belas tahun tidak membuatnya berpikir seperti kanak-kanak, tapi dia membuktikan kepada dunia bahwa melalui kedewasaan berpikir dengan cita-cita dan keberanian, ia mampu menjadi pemimpin termuda di negerinya. Sikap John Tyler Hammons yang hebat ini seharusnya dapat dijadikan inspirasi buat kaum muda di Indonesia, agar kaum muda di Indonesia mau menata dirinya sejak dini untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan yang andal dan cerdas.
Masa depan Indonesia membutuhkan para pemimpin yang bersih dari sikap serakah dan sikap masa bodoh. Untuk itu, kata-kata John Tyler Hammons "Saya ingin sebuah pemerintahan yang terbuka, saya tidak akan memonopoli gagasan-gagasan yang baik," harusnya menjadi bahan renungan para pemuda Indonesia. Indonesia masa depan membutuhkan pemimpin-pemimpin di semua level dan fungsi dengan sikap jujur, cerdas, peduli, dan tidak pilih kasih. Sebagai negara yang dihuni oleh rakyat dengan etos kerja hebat dan dengan berbagai kekayaan sumber daya alam , Indonesia harusnyalah diurus dengan cerdas dan profesional. Untuk itu, dibutuhkan sikap tegas, jujur, dan tangan-tangan kebaikan yang mau memimpin dan membawa bangsa Indonesia ke puncak kemakmuran. Kisah perjuangan John Tyler Hammons seharusnya dapat dijadikan sebagai inspirasi kaum muda Indonesia, dalam menjadikan dirinya sebagai pemimpin-pemimpin hari ini dan masa depan, yang mau secara profesional membangun bangsa dan negara menjadi lebih kreatif, produktif, dan efektif.
Kata kunci terpenting dalam kepemimpinan adalah jangan menjadikan pengikutmu sebagai pengemis, nanti mereka akan menjadi pemalas dan tidak produktif. Para pemimpin bangsa yang suka menjadikan rakyatnya sebagai pengemis dengan berbagai macam program bantuan uang tunai, hanyalah akan mendorong rakyatnya menjadi pemalas dan konsumtif.
Saatnya para pemuda Indonesia mengikuti jejak John Tyler Hammons, dan menjadi pemimpin yang membuat rakyatnya produktif dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.