Sunday, 7 February 2010

Kumpulan Artikel Service Excellence 1




Saat Customer Service Bersikap Tidak Bersahabat Kepada Customer

"Banyak Orang Merasa Cukup Berpengalaman Dan Cukup Pintar Untuk Memberi Pelayanan Kepada Orang Lain , Tapi Tidak Cukup Pintar Untuk Membangun Karakter Diri Buat Melayani." - Djajendra
Ketika customer service memilih kata-kata yang tidak sopan untuk diucapkan kepada customer; ketika customer service berbicara dengan intonasi suara yang bernada ketus dan judes kepada customer; ketika customer service melayani customer dengan bahasa tubuh yang angkuh dan tidak bersahabat, maka perusahaan telah gagal memberikan pelayanan sempurna kepada customer.
Bahasa tubuh, intonasi suara, dan pilihan kata-kata untuk diucapkan kepada customer sangat menentukan kualitas pelayanan dari sebuah perusahaan. Perlu dipahami bahwa jam terbang yang tinggi dan pengalaman kerja yang panjang sebagai customer service saja masih belum cukup untuk menjadi customer service yang berkualitas tinggi. Pendidikan tinggi yang ditambah dengan training dan seminar customer service saja masih belum cukup untuk membuat seorang customer service menjadi berkualitas tinggi. Customer service harus memiliki karakter, attitude, dan tanggung jawab pribadi yang dibalut dalam sikap baik, agar mampu menggunakan kata-kata dan bahasa komunikasi yang profesional, intonasi suara yang sopan dan bijaksana, bahasa tubuh yang memperlihatkan persahabatan dan penghormatan kepada customer. Sikap pelayanan customer service menentukan di level mana posisi, reputasi, dan kredibilitas perusahaan.
Pada saat customer service tidak mampu mengendalikan diri dengan kata-kata yang baik, intonasi suara yang sopan, dan bahasa tubuh yang melayani, maka customer akan sangat marah dan sangat kecewa dengan pelayanan perusahaan. Hal ini bila berlangsung secara terus-menerus, customer akan kapok untuk berbisnis dengan perusahaan yang membuatnya marah dan kecewa. Oleh karena itu, latih emosi baik, latih pikiran positif, dan latih bahasa tubuh secara terus-menerus untuk difokuskan kepada pelayanan sempurna. latih ketajaman intuisi untuk bersinergi dengan bahasa tubuh, intonasi, dan pilihan kata-kata dari customer yang sedang Anda layani. Yakinkan pada diri Anda bahwa saat Anda bicara dengan sikap baik pada customer, maka sikap baik Anda itu akan menular ke customer dan customer juga akan bersikap baik kepada Anda.
Customer Service MindSet
"Para Customer Service Harus Selalu Di Ajarkan Cara-Cara Baru Untuk Menjawab Tren Baru Customer, Serta Selalu Proaktif Bersikap Baik Dan Bersikap Rajin Untuk Membawa Rasa Senang Dan Rasa Bahagia Ke Dalam Pelayanan Pelanggan Yang Berkualitas." - Djajendra
Peran customer service begitu penting dalam sebuah bisnis. Dan, hanya sikap baik para customer service- lah yang akan menentukan pilihan positif dan sikap loyal customer kepada perusahaan.
Reputasi dan kredibilitas sebuah bisnis tidak hanya tergantung kepada kehebatan kinerja keuangan saja, tetapi juga sangat tergantung kepada kehebatan customer service dalam memberikan pelayanan yang sempurna.
Saat customer service tidak menghormati dan tidak menghargai customer, sesungguhnya pelayanan prima yang berkualitas itu sudah mati dan hanya tinggal slogan dan kenangan.
Customer service sebagai prajurit garis depan sangat menentukan citra baik dari sebuah perusahaan. Jika, customer service-nya bersikap tidak sopan dan arogan, maka para customer akan berpikir bahwa perusahaannya tidak profesional dan tidak berkualitas. Artinya, citra baik perusahaan akan tercoreng dan ternoda oleh sikap tidak profesional dan sikap tidak baik dari para customer service.
Perusahaan-perusahaan yang menganggap enteng peran customer service dalam melakukan pelayanan bisnis berkualitas tinggi, adalah perusahaan -perusahaan yang akan mengalami kesulitan pada waktunya. Jadi, memberi perhatian besar kepada peran dan profesionalisme customer service haruslah menjadi prioritas pertama dalam memberikan pelayanan bisnis berkualitas tinggi.
Customer service harus cerdas memelihara hubungan baik dengan semua pelanggan. Customer service harus menjadi pribadi-pribadi yang berkualitas tinggi bersama sikap baik untuk membuat layanan pelanggan yang luar biasa. Customer service harus cerdas menangani semua tantangan pelayanan dan mampu membangkitkan potensi sikap baik diri sendiri secara absolut dan total.
Perusahaan bertanggung jawab penuh untuk membangun mindset pelayanan sempurna di pikiran setiap customer service-nya. Mindset yang diprogram untuk pelayanan sempurna akan memberikan kinerja yang hebat untuk perusahaan. Mindset pelayanan sempurna akan menjadi rahasia untuk menangani setiap situasi layanan pelanggan dengan kebijaksanaan, diplomasi dan mental sikap baik.
Perusahaan harus mengembangkan profesionalisme para customer service-nya dengan cara mengembangkan inner self-motivasi para customer service, dan memberikan pencerahan kepada customer service untuk menangani masalah-masalah pelayanan yang sulit dengan pelanggan secara tepat waktu, serta bekerja proaktif untuk memberikan pelayanan sempurna yang melebihi harapan customer kepada perusahaan.
Perusahan harus menyiapkan sistem dan strategi sebagai cetak biru untuk mewujudkan sukses customer service dalam memberikan pelayanan unggul di tempat kerja. Perusahaan tidak boleh sekedar melempar semua tanggung jawab pelayanan hanya ke pundak para customer service, tetapi perusahaan harus merangkul setiap orang di kantor dengan mind set pelayanan sempurna.
Perusahaan harus meningkatkan keyakinan dan kepercayaan diri para customer service untuk memberikan pelayanan berkualitas yang efektif dan produktif, agar perusahaan mampu mempertahankan keberhasilan bisnisnya di sepanjang zaman.
Perusahaan harus memberikan petunjuk yang jelas dan sederhana kepada customer service dalam bentuk strategi pelayanan sempurna yang kreatif dan konsisten.
Para customer service harus selalu di ajarkan cara-cara baru untuk menjawab tren baru customer, serta selalu proaktif bersikap baik dan bersikap rajin untuk membawa rasa senang dan rasa bahagia ke dalam pelayanan pelanggan yang berkualitas.
Melayani Customer Berfondasikan Quality Control Yang Sempurna
"Pelayanan Kepada Customer Tidak Sekedar Rutinitas Dari Para Front Liner, Tetapi Merupakan Pekerjaan Lintas Unit Kerja, Di Dalamnya Termasuk Unit Kerja Operasional Dan Unit Kerja Non Operasional, Untuk Secara Bersama - Sama Menciptakan Mutu Terbaik Buat Kebahagiaan Customer Dan Buat Keuntungan Perusahaan." - Djajendra
Tujuan utama sebuah bisnis pastinya untuk menghasilkan keuntungan yang optimal buat perusahaan. Untuk alasan itu, Anda memerlukan jumlah customer yang sebanyak mungkin dengan kualitas berdaya beli tinggi, agar produk atau jasa Anda terjual sebanyak-banyaknya dengan keuntungan yang seoptimal mungkin.
Customer tidak akan membeli produk atau jasa Anda, jika Anda lalai menjaga mutu dari semua proses kerja yang Anda lakukan. Oleh karena itu, Anda bersama tim memerlukan sistem quality control yang andal dan hebat, agar Anda mampu mengawasi mutu, biaya, semangat, motivasi, dan perencanaan perusahaan Anda secara sempurna. Di mana, kesemuanya itu harus terfokus pada motivasi yang kuat untuk menciptakan mutu yang hebat untuk memuaskan kebutuhan customer.
Fondasi quality control yang sempurna haruslah berdasarkan perilaku kerja yang mengutamakan kebijakan manajemen yang pro pada kualitas terbaik; sistem operasional perusahaan yang memudahkan pelayanan; aturan dan prosedur perusahaan yang tepat sasaran buat memuaskan kebutuhan customer; serta kekuatan sumber daya manusia perusahaan yang terlatih secara profesional bersama sikap baik.
Sistem quality control yang sempurna wajib dibangun berlandaskan konsep manajemen yang bekerja total, yang terfokus pada upaya melayani kebutuhan customer secara sempurna. Perusahaan juga secara disiplin harus melatih keterampilan staf dan pimpinan di internal, untuk membangun mind set pelayanan sempurna buat kepentingan perusahaan dalam meraih keuntungan dari customer. Perusahaan juga harus selalu konsisten bersama etika, moralitas, dan kecerdasan emosi dalam semua relasi dengan customer.
Quality control tidak hanya berarti menjaga mutu produk dan jasa, tapi juga menjaga mutu dari setiap kekuatan sumber daya manusia yang terlibat dalam semua proses operasional dan non operasional di perusahaan.
Quality control yang hebat berarti kemampuan perusahaan untuk membangun misi, visi, value, dan konsep operasional, yang fokus pada semangat untuk memberikan mutu nomor satu buat customer.
Semua pelayanan haruslah diukur dari kemampuan perusahaan untuk bersikap baik kepada customer, serta untuk meraih keuntungan secara maksimal buat menjaga kekuatan dan ketangguhan perusahaan di masa depan.
Sebuah quality control yang hebat harus terfokus pada upaya membangun relasi terbaik dengan customer, dan keuntungan maksimal buat perusahaan. Relasi yang penuh trik kebaikan tanpa quality control yang sempurna, hanya akan membekukan hati dan pikiran dalam kepentingan untung rugi sesaat. Sikap baik yang didukung oleh quality control yang sempurna akan menghasilkan kebahagian buat customer. Untuk itu, perusahaan harus menjadi jujur dengan diri sendiri, untuk mau secara profesional bersikap baik dalam melayani semua kebutuhan customer secara bijak. Hanya kejujuran dan sikap baik perusahaan yang akan menjadi jembatan buat mengantar mutu produk dan jasa terbaik buat kebahagiaan customer.
Di Zaman Krisis Anda Butuh Pelanggan Yang Loyal, Agar Bisnis Anda Survive!
"Berkeluh-Kesah Di Zaman Krisis Tidaklah Bijak, Mencari Solusi Cerdas Di Zaman Krisis Adalah Bijak. Anda Butuh Langkah-Langkah Bijak Untuk Membuat Pelanggan Anda Loyal, Agar Bisnis Anda Survive Di Zaman Krisis."-Djajendra
Hari ini di banyak negara-negara ekonomi kuat sedang terjadi resesi ekonomi. Hal ini mungkin akan berdampak buruk pada bisnis Anda, tetapi jika Anda mampu membuat para pelanggan Anda tetap datang untuk membeli pada Anda, maka Anda akan tetap survive di zaman krisis ini.
Saat Anda membangun bisnis, Anda harus mengembangkan sistem untuk membangun loyalitas pelanggan di setiap kondisi dan situasi, Anda harus menciptakan kebijakan yang membuat pelanggan tetap kembali walau zaman sedang guncang, Anda harus membangun strategi bisnis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Anda di sepanjang zaman, dan Anda harus membangun sikap baik untuk memotivasi pelanggan agar tetap setia membeli dari Anda.
Situasi ekonomi global dan lokal boleh saja sedang memasuki gerbang resesi, tapi bukan berarti Anda harus diam dan pasrah melihat sang raksasa penghambat pertumbuhan bisnis atas nama resesi, datang untuk merusak semua rencana bisnis Anda. Anda harus bangkit dan menata kembali kelangsungan kesuksesan bisnis Anda melalui para pelanggan Anda yang loyal.
Bila semua pelanggan loyal Anda setia berbisnis dengan Anda, maka bisnis Anda tidak akan menghadapi kondisi keuangan yang sulit, tidak akan menghadapi persaingan tidak sehat, tidak akan menghadapi buruknya kinerja, dan tidak akan menghadapi keraguan untuk meraih keuntungan yang lebih besar. Sebab, setiap pelanggan setia Anda akan memberikan kontribusi keuangan yang sangat besar buat kesuksesan bisnis Anda yang berkelanjutan.
Saya percaya bahwa tidak semua perusahaan memiliki basis pelanggan setia, tapi saya juga percaya bahwa semua perusahaan pasti ingin memiliki basis pelanggan setia yang kuat dan solid, dalam upaya menghadapi situasi dan kondisi ekonomi seperti apa pun. Basis pelanggan setia akan membangun fondasi perusahaan yang kuat dengan tingkat keuntungan yang lebih besar, dan mampu bertahan selama masa sulit seperti apa pun. Loyalitas pelanggan adalah puncak keunggulan kompetitif. Perusahaan yang mempromosikan dan menikmati loyalitas pelanggan pasti lebih stabil daripada perusahaan yang selamanya mencari pelanggan baru dalam berbagai segmen pasar yang tidak jelas.
Oleh karena itu, strategi perusahaan untuk membangun basis pelanggan setia, adalah kunci untuk terus berhubungan dengan pelanggan lama sambil mengajak pelanggan baru bergabung ke dalam pelayanan sempurna Anda.
Perusahaan wajib membangun fondasi pelayanan berkualitas prima di internal perusahaan, agar para pelanggan menjadi lebih loyal. Untuk itu, miliki fondasi pelayanan yang membuat para pelanggan memiliki rasa puas atas layanan Anda, miliki fondasi pelayanan yang membuat para pelanggan mendapatkan semua kebutuhan dan keinginan mereka secara sempurna, dan miliki fondasi pelayanan yang membuat para pelanggan mendapatkan loyalitas pelayanan dari Anda dalam respon pelayanan berkualitas tinggi.
Customer Bukanlah Raja, Tapi Sumber Penghasilan Bisnis
Ada sebuah mind set yang tertanam di dalam pikiran kebanyakan pebisnis, yaitu menganggap customer sebagai raja yang harus dilayani seperti para dayang melayani sang rajanya. Padahal customer tidak pernah berpikir menjadi raja dan minta dilayani seperti raja. Customer hanya butuh pelayanan berkualitas tinggi, harga yang wajar, inovasi dan kualitas produk yang andal. Customer hanya berharap kekuatan positif untuk mengubah sikap tidak baik Anda menjadi sikap baik, yang mampu mempengaruhi customer untuk menjadi loyal pada jasa dan produk Anda.
Customer merupakan sumber utama penghasilan bisnis Anda, yang harus Anda layani dengan kualitas dan integritas yang tinggi. Bila Anda lalai melayani customer dengan cerdas, maka bisnis Anda akan kehilangan sumber penghasilan. Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan kualitas layanan. Pastikan Anda mampu mempengaruhi customer dengan sikap baik dalam kemasan pelayanan berkualitas tinggi yang profesional.
Anda perlu mengetahui bahwa sehebat apapun kualitas produk atau jasa Anda, tapi bila Anda tidak bersikap baik pada customer, maka customer pasti malas berbisnis dengan Anda.
Anda tidak perlu terkenal atau tampil dalam profil yang mempesona untuk menjadi orang yang mempengaruhi customer. Anda tidak perlu busana mewah dan mahal untuk mempengaruhi customer Anda. Tetapi, Anda butuh sikap baik agar setiap customer merasa nyaman saat berhubungan bisnis dengan Anda. Karena sikap baik adalah energi positif dari pelayanan berkualitas tinggi. Selama Anda mampu berhubungan baik sambil mempengaruhi persepsi customer untuk selalu membeli jasa dan produk Anda, maka Anda telah menunjukkan sikap profesionalisme dalam pelayanan sempurna Anda.
Customer sebagai sumber penghasilan bisnis haruslah dirawat dan dijaga secara baik. Untuk itu, Anda membutuhkan waktu, tenaga, dan praktek perilaku positif. Berikut saya berikan beberapa kata kunci untuk membuat Anda mampu merawat dan menjaga customer Anda.
1.Miliki integritas dalam pelayanan.
2.Jangan pernah lalai untuk mendidik customer. 3.Miliki keyakinan kuat untuk memberikan segala kebaikan buat customer.
4.Pastikan Anda mendengarkan semua warna suara customer.
5.Pastikan Anda mampu memahami kebutuhan customer atas produk dan jasa yang Anda tawarkan.
6.Pastikan Anda selalu memperbesar basis customer Anda.
7.Pastikan Anda memiliki teknik navigasi pelayanan customer yang jelas dan sederhana.
8.Pastikan Anda selalu mampu tersambung dengan empati pada persepsi customer.
9.Pastikan Anda cerdas dalam memberdayakan sumber daya untuk kepuasan customer.
10.Pastikan Anda selalu mereproduksi ulang pelayanan-pelayanan berkualitas tinggi secara konsisten dan wajar.
Ingat, customer tidak pernah berharap dianggap sebagai raja oleh Anda. Sebab, customer hanya butuh pelayanan berkualitas tinggi, sikap baik, harga yang wajar, sikap jujur, produk dan jasa berkualitas unggul, dan sikap profesionalisme Anda dalam tindakan yang bijak.
Customer Service Adalah Kerja Tim, Bukan Kerja Individu
"Layanan Pelanggan Adalah Kebutuhan Bisnis, Dan Bukan Sekedar Pekerjaan Rutin Yang Monoton. Layanan Pelanggan Merupakan Permainan Tim Di Dalam Upaya Memenangkan Kompetisi Bisnis Yang Ketat. Oleh karena itu, Pengusaha, Pemimpin, Dan Karyawan Harus Saling Berempati Dan Menyatu Dalam Semangat Untuk Menarik Lebih Banyak Pelanggan."-Djajendra
Membangun tim pelayanan yang tangguh berarti mendidik setiap orang dari unit kerja apa pun, untuk cerdas melayani bisnis dengan cara memberikan pelayanan pelanggan berkualitas tinggi. Sebab, layanan pelanggan adalah kerja tim dan kerja organisasi yang total dan utuh, bukan sebatas kerja individu atau kerja customer service. Oleh karena itu, tidaklah cukup sekedar mendidik dan melatih para front liner yang berhubungan langsung dengan pelanggan, tapi Anda juga harus mendidik setiap orang di kantor Anda, siapa pun dia, apa pun jabatan dia, untuk menjadi pelayan pelanggan berkualitas tinggi. Sebab, pelayanan berkualitas tinggi sangat tergantung dari komitmen back office untuk mendukung front office dalam memberikan pelayanan pelanggan berkualitas prima.
Kesantunan dan perhatiaan setiap orang di dalam kantor, untuk bertindak dalam kepedulian yang tinggi, dalam semangat memberikan semua harapan dan keinginan pelanggan dengan sempurna, adalah kunci sukses pelayanan prima.
Pelayanan pelanggan berkualitas merupakan faktor terpenting, yang akan menentukan sukses tidaknya bisnis Anda. Semakin cerdas Anda mengkombinasikan kekuatan back office dan front office untuk memberikan pelayanan pelanggan berkualitas tinggi, maka semakin baiklah para customer service, teller, public relation, resepsionis, salesman, dan front liner lainnya mencapai target pelayanan berkualitas tinggi seperti yang Anda impikan.
Layanan pelanggan adalah lebih dari sekedar memberikan pelanggan apa yang mereka inginkan. Layanan pelanggan harus bisa memberikan semua kebutuhan pelanggan dengan sempurna.
Untuk dapat memenangkan hati pelanggan, Anda harus mengetahui semua sifat, perilaku, sikap, dan karakter dari pelanggan Anda secara lebih baik daripada para pesaing Anda. Pastikan juga bahwa setiap pelanggan bisa mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan cepat dan mudah dari perusahaan Anda. Dan Anda harus benar-benar menjadi sahabat terbaik buat para customer Anda.
Layanan pelanggan yang baik haruslah memiliki tindakan untuk menyenangkan dan memberi kemudahan buat pelanggan, dengan pelayanan yang lebih cepat, lebih baik, dan lebih murah daripada para pesaing Anda.
Kekuatan kolaborasi, koordinasi, dan komunikasi di antara back office dengan front office, untuk memberikan pelayanan yang efisien dan efektif, adalah sangat penting buat kesuksesan perusahaan dalam mencapai target penjualan seperti yang diinginkan.
Penjualan yang hebat perlu memiliki komitmen dan dedikasi untuk memperlakukan pelanggan dengan baik, dalam sikap jujur front liner untuk memberikan informasi yang benar dan yang tidak membohongi pelanggan.
Setiap orang di kantor, apa pun jabatannya, apa pun fungsi kerjanya, apa pun perannya, ia perlu tahu apa-apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggannya. Dan ketika pelanggan membutuhkannya, maka setiap orang di kantor harus tahu cara memberikan pelayanan berkualitas tinggi. Pelanggan pasti tidak peduli apakah Anda dari back office atau front liner, pelanggan hanya tahu pelayanan Anda satu, yaitu pelayanan yang Anda berikan atas nama bendera perusahaan Anda. Jadi, setiap orang di kantor atau di pabrik harus berjuang keras untuk menjaga kehormatan bendera perusahaannya secara profesional dan bijak.
Layanan pelanggan adalah sebuah tanggung jawab yang melebihi tugas dan tanggung jawab yang ada di jobdesk Anda. Layanan pelanggan adalah seni yang harus Anda latih secara individu dengan sikap baik Anda yang unik dan menyenangkan orang lain, tetapi mampu memainkan semua keunikan dan sikap baik Anda itu, dalam sebuah permainan tim bisnis dalam rangka untuk menarik lebih banyak pelanggan.
Memahami Pentingnya Customer Relationship Management
"Anda Semua Harus Tahu Bahwa Para Pelanggan Memiliki Harapan Besar Untuk Dilayani Dalam Bahasa Komunikasi Yang Penuh Sopan Santun. Pelanggan Senang Dan Bahagia Mengetahui Anda Mendengarkan Mereka Dengan Sikap Baik, Dan Berbicara Dengan Mereka Dalam Bahasa Santun Dan Sopan. Sikap Baik Anda Pada Pelanggan Anda, Akan Menghubungkan Batin Anda Ke Batin Pelanggan Anda Dalam Kekuatan Kebaikan."-Djajendra
Customer Relationship Management tidak sekedar cukup berteknologi tinggi, tapi harus membangun fondasi pelayanan yang tangguh di internal dan eksternal perusahaan. Sebuah Fondasi pelayanan yang terfokus pada upaya menaklukkan hati dan pikiran pelanggan dengan bersikap baik, dalam wujud pelayanan yang memberikan segala kemudahan agar semua keinginan dan harapan pelanggan terwujud secara profesional.
Customer Relationship Management selalu dianggap sebagai fondasi terpenting buat membangun kekuatan perusahaan, dalam upaya memberikan pelayanan sempurna di internal manajemen dan pelanggan, termasuk untuk semua stakeholder lainnya.
Untuk itu, CRM harus fokus pada fondasi sistem yang berorientasi pada pelayanan sempurna; fokus pada prosedur yang memudahkan pelanggan menerima pelayanan; fokus pada kebijakan-kebijakan perusahaan yang mengutamakan hubungan komunikasi positif kepada pelanggan; fokus pada teknologi yang mendukung perusahaan secara total untuk memberikan pelayanan sempurna; fokus pada kekuatan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, untuk memberikan pelayanan sempurna kepada pelanggan; dan fokus kepada semua aspek kerja organisasi internal dan eksternal lainnya, yang terfokus pada upaya memberi dukungan mutu pelayanan berkualitas tinggi kepada semua stakeholder. Khususnya, kepada pelayanan pelanggan berkualitas tinggi yang memuaskan harapan pelanggan secara maksimal. CRM harus menjadi alat Bantu untuk mengidentifikasi dan menargetkan pelanggan-pelanggan berkualitas tinggi. CRM harus bisa berfungsi untuk membantu proses terciptanya hubungan profesionalisme antara personal di dalam perusahaan, termasuk pada hubungan positif yang hebat antara personal yang melayani pelanggan dengan pelanggan, dalam bingkai pelayanan berkualitas tinggi yang memberikan sikap baik dan toleransi kepada pelanggan. CRM harus dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, dan sebagai alat yang menyediakan semua kemudahan buat pelayanan yang paling menguntungkan pelanggan. CRM haruslah berfungsi untuk menyediakan semua informasi pelanggan yang komplit dan jelas, buat mendukung pelayanan pelanggan berkualitas sempurna. CRM harus dimanfaatkan secara cerdik oleh semua karyawan dan pimpinan, untuk membantu pembuatan survei kepuasan pelanggan, atau memutuskan membuat produk baru untuk mendukung kebutuhan pelanggan. Intinya, Customer Relationship Management merupakan fondasi atau dasar organisasi untuk bertindak dalam upaya memberikan pelayanan sempurna yang berkualitas super tinggi, dengan tujuan utama memuaskan semua harapan dan kebutuhan pelanggan.
Pastikan Anda telah paham betul bahwa pelanggan hari ini sudah tidak suka dengan ceramah kehebatan produk Anda, yang mereka perlukan adalah fakta layanan seperti yang Anda janjikan, seperti yang ada diharapan mereka, seperti yang terlihat oleh persepsi mereka tentang layanan hebat yang Anda komunikasikan melalui iklan – iklan produk Anda. Oleh sebab itu, bangunlah Customer Relationship Management yang tangguh, yang benar-benar efektif buat pelayanan pelanggan berkualitas tinggi.
Pastikan CRM menjadi alat utama dari manajemen pelayanan pelanggan di perusahaan Anda. Alat utama yang mengelola dan mendukung pelayanan pelanggan berkualitas tinggi, melalui strategi pelayanan yang terfokus pada memuaskan harapan pelanggan; struktur organisasi perusahaan yang pro pada pelayanan berkualitas tinggi; sistem pelayanan perusahaan yang pro pada pelayanan berkualitas tinggi dan yang berkelanjutan; gaya pelayanan yang sesuai zaman dan harapan pelanggan; kompetensi pelayanan dari para staf yang sesuai dengan tuntutan dan harapan pelanggan; melatih keterampilan para staf di bidang pelayanan sesuai dengan komitmen pelayanan perusahaan pada pelanggan; dan nilai-nilai bersama yang wajib dipahami oleh seluruh orang di dalam organisasi.
Senyum Tulus Anda Adalah Mahakarya Kebaikan
"Saat Anda Tersenyum Tulus Kepada Setiap Orang Yang Anda Temui, Maka Nilai Kebaikan Akan Memasuki Perasaan Dari Orang-Orang Yang Menerima Senyum Tulus Anda. Dan Anda Akan Menjadi Pribadi Baik Yang Disukai Semua Orang."-Djajendra

Tahukah Anda bahwa setiap senyum tulus Anda kepada orang lain, adalah surga yang Anda pancarkan dari aura baik Anda. Senyum tulus Anda mampu berkata melalui bahasa perasaan, bahasa pikiran dan bahasa senyum, yang mampu mempengaruhi batin terdalam dari setiap orang yang berkomunikasi dengan Anda.
Senyum tulus Anda adalah bahasa komunikasi unggul, bahasa komunikasi yang langsung menyentuh hati terdalam para pendengarnya dalam kenyamanan dan kepuasan tertinggi.
Dalam setiap pelayanan, pastikan Anda lebih sering tersenyum, tersenyum dengan segala niat baik untuk memberikan hal-hal terbaik buat pelanggan Anda.
Yakinkan diri Anda bahwa senyum tulus Anda akan mengantar Anda ke gerbang puncak sukses. Semakin tulus Anda tersenyum untuk melayani orang lain, akan semakin berkualitas diri Anda untuk memberikan kenyamanan dan kepedulian pada para pelanggan Anda. Jadi, pastikan senyum Anda tidak pahit, tapi manis selalu dan menyejukkan hati yang menerima senyum tulus Anda.
Semakin sering Anda memberikan senyum tulus pada orang lain, maka otot-otot wajah Anda akan bekerja keras untuk memberikan hadiah awet muda buat diri Anda.
Ingatlah selalu untuk sering-sering senyum tulus dalam bingkai kepedulian dan cinta kasih, agar fisik Anda bisa terlihat semakin muda, walau usia semakin tua.
Senyum tulus Anda akan membuat diri Anda lebih menarik. Senyum tulus Anda akan membuat diri Anda lebih bahagia. Senyum tulus Anda akan menyiram benih kasih sayang ke batin orang lain. Senyum tulus Anda akan meningkatkan rasa percaya diri Anda untuk meraih sukses tertinggi.
Senyum tulus Anda akan membantu Anda untuk berkomunikasi dengan siapapun, dalam ruang percakapan yang menggembirakan hati dan pikiran. Senyum tulus Anda akan mengundang pelanggan Anda untuk sering-sering berbisnis dengan Anda. Senyum tulus Anda akan membuat hari-hari kerja Anda penuh dengan energi positif, yang menyenangkan batin dan pikiran Anda. Senyum tulus Anda akan membantu Anda untuk melihat kehidupan yang damai dan bahagia.
Senyum tulus Anda akan membuat batin Anda sehat dalam kehidupan yang penuh dengan kesenangan. Senyum tulus Anda akan menghasilkan berjuta-juta sahabat baru, dan menghilangkan semua musuh-musuh lama Anda.
Senyum tulus Anda adalah undangan sejati buat mendatangkan pelanggan-pelanggan berkualitas tinggi, untuk berbisnis dengan Anda, dan membuat Anda sukses untuk selamanya.
Pastikan Anda selalu tersenyum manis pada semua orang, hindari senyum pahit untuk selamanya. Sebab, senyum pahit Anda akan terasa kecut dibatin yang menerimanya. Dan Anda juga tidak akan bahagia bersama senyum pahit Anda.
Pastikan Anda selalu tersenyum tulus dan tidak tersenyum mengkerut. Sebab, bila Anda tersenyum mengkerut, maka setiap orang akan pergi dari hidup Anda. Pergi menjauh dari diri Anda untuk selama-lamanya.
Nah, sekarang saatnya Anda mulai berlatih untuk tersenyum tulus. Lihat kaca, bersihkan hati dari semua dendam dan benci. Lalu keluarkan senyum tertulus Anda. Pastikan wajah Anda jujur untuk melayani orang lain. Pastikan hanya senyum kebaikan yang menghiasi wajah Anda. Pastikan semua yang ada dimulut dan bibir Anda terawat dengan baik. Selamat berlatih!!!
Berkomunikasi Secara Bijak Memberi Pelayanan Prima Secara Cerdik
" Saat Anda Mampu Berkomunikasi Secara Bijak, Saat Anda Mampu Memberi Pelayanan Prima Secara Cerdik, Maka Sejak Detik Itu Anda Akan Menjadi Bintang Yang Bersinar Terang Bersama Organisasi Anda. Dan Anda Akan Menjadi Pengalaman Menyenangkan Di Hati Dan Pikiran Customer Anda."-Djajendra
Ada dua hal terpenting saat Anda melayani customer Anda, yaitu komunikasi dan pelayanan prima. Komunikasi yang bijak adalah seperti darah bagi ompla pelayanan organisasi, sedangkan pelayanan prima yang cerdik adalah seperti zat-zat terpenting untuk kesehatan ompla organisasi Anda. Jadi, jika tidak ada komunikasi maka tidak ada pelayanan prima, dan jika tidak ada pelayanan prima maka bisnis dan organisasi Anda akan terseok-seok dalam ketidakpastian.
Ingat, pelayanan prima adalah suatu hubungan, maka komunikasi adalah sangat penting dalam membuat hubungan itu menjadi lebih sempurna. Komunikasi yang lebih sempurna dalam balutan nilai-nilai profesionalisme dan kebaikan, akan mendorong semua aspek kerja dan unit kerja untuk proaktif melakukan pelayanan prima berkualitas terbaik.
Anda pasti tahu sebuah hubungan bisnis yang kuat harus mau memahami dua persepsi secara bijak, yaitu persepsi korporasi dan persepsi customer. Oleh karena itu, korporasi yang memiliki tanggung jawab dalam pelayanan berkualitas prima, selalu melibatkan setiap customernya dalam perjalanan panjang untuk meraih sukses tanpa batas yang abadi. Sedangkan korporasi tanpa visi pelayanan yang jelas akan bingung memahami kedua persepsi tersebut secara bijak, sehingga tanggung jawab nya untuk pelayanan berkualitas prima menjadi kabur dan tidak ompl.
Anda yang mewakili korporasi haruslah selalu bijak untuk bersikap baik kepada semua customer. Anda harus mau dan mampu berkomunikasi dengan kekuatan total dari sikap baik Anda. Ingat, tanpa customer Anda adalah pengangguran, tanpa customer Anda sulit untuk menjalankan kehidupan yang wajar, tanpa customer Anda tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup Anda. Jadi, berkomunikasilah dengan sikap baik kepada setiap customer Anda, dengarkan suara keluh kesah customer Anda dengan kepedulian tinggi, jelaskan semua pelayanan Anda untuk memudahkan customer Anda menerimanya secara menyenangkan, berbicaralah dengan niat baik untuk membantu semua kebutuhan customer Anda tanpa menyakiti perasaan mereka, dan pastikan Anda adalah pribadi baik hati yang manis dalam bertutur kata.
Mendidik dan melatih diri Anda untuk bersikap baik dan bersikap manis kepada customer, adalah sebuah keunggulan buat Anda, bisnis Anda , dan organisasi Anda. Bangunlah fondasi kokoh bersama tiang-tiang pelayanan yang kuat dan tangguh. Pastikan Anda memiliki hubungan komunikasi yang akrab dalam bingkai kekuatan sikap baik Anda, agar para customer Anda menyukai semua pelayanan prima Anda.
Ucapkan kata-kata yang menyenangkan hati customer, kata-kata baik yang penuh dengan etika, sopan santun, dan kebaikan.
Customer adalah bagian utama dari kisah perjalanan sukses Anda dan korporasi Anda. Untuk itu, pastikan Anda selalu peduli sebagai penghubung korporasi, yang tulus dan jujur dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dengan customer Anda.
Kemampuan komunikasi yang baik adalah sikap
mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, presentasi, meminta maaf atas kesalahan, ompla penjelasan atas kekurangan, dan menanggapi semua omplain secara bijak yang pro customer.
Salah satu kunci dalam setiap bahan komunikasi adalah sikap bijak dan sikap baik. Sikap bijak dan sikap baik yang tepat dapat mengakibatkan Anda bersama bisnis Anda meraih sukses tanpa batas.
Pelayanan Bermutu Tinggi
Hati - Hati Dengan Semua Pujian Yang Anda Terima Dari Orang-Orang Yang Anda Layani, Sebab Setiap Pujian Seperti Pisau Bermata Dua Yang Bila Tidak Waspada Bisa Melukai Diri Anda Sendiri.
Anda yang ingin mendapatkan sukses dalam hidup Anda haruslah memikirkan pelayanan bermutu tinggi kepada setiap orang yang Anda temui. Oleh sebab itu, tidak ada alasan apa pun buat Anda untuk tidak memiliki niat tulus dalam melayani setiap kepentingan hidup Anda secara berkualitas dan sempurna.
Apabila pelayanan yang Anda berikan tidak dilakukan dengan niat tulus, maka setiap upaya pelayanan Anda hanya berpotensi menjadi obsesi yang tidak sempurna. Semakin pikiran dan batin di motivasi untuk ikhlas dan tulus mengerjakan pelayanan kepada setiap orang, maka semakin bersinar nilai pelayanan Anda di hati setiap orang yang menerima pelayanan Anda.
Anda harus bersikap jujur untuk memberikan kualitas dan manfaat kepada setiap pelayanan, serta dapatkan pengakuan yang tulus dari para penerima pelayanan Anda.
Hati - hati dengan semua pujian yang Anda terima dari orang-orang yang Anda layani, sebab setiap pujian seperti pisau bermata dua yang bila tidak waspada bisa melukai diri Anda sendiri.
Bangun masa depan Anda melalui kualitas pelayanan yang diinginkan oleh orang-orang yang butuh pelayanan Anda. Ciptakan kesan pelayanan yang tidak pernah hilang dari ingatan siapapun. Tekuni semua peluang dengan mengarahkan segenap pengetahuan Anda untuk tetap memberikan pelayanan berkualitas super tinggi buat siapa pun.
Berikan kepuasan dan kenyamanan dari setiap pelayanan Anda kepada setiap orang yang membutuhkan pelayanan Anda.
Jangan pernah menciptakan persoalan tanpa memiliki solusi yang jelas kepada orang-orang yang Anda layani, karena mereka semua hanya menginginkan hal-hal terbaik dari Anda, dan Anda wajib memberikan yang terbaik buat mereka semua.
Semakin fokus pelayanan Anda untuk peduli kepada kenyamanan dan keamanan dari orang-orang yang Anda layani, maka semakin mudah Anda mendapatkan cinta dan perhatian dari para penerima layanan Anda.
Berikan pelayanan berkualitas tinggi dengan kuantitas pelayanan beragam yang menciptakan rasa puas, dan pastikan setiap orang yang menerima pelayanan Anda merasa bahagia dan terpenuhi secara sempurna.
Pelayanan bukanlah pameran busana yang hanya berniat untuk memamerkan hasil karya tanpa peduli cocok atau tidak karya tersebut untuk para hadirin. Pelayanan adalah pengabdian diri Anda kepada kebutuhan dan kenyamanan yang bersifat realistis untuk semua orang yang Anda cintai.
Apabila Anda selalu memberikan hidup Anda kepada pelayanan tanpa pamrih, maka pelayanan berkualitas hebat dari Anda akan memberikan rasa puas dan rasa bangga di hati orang-orang yang menerima layanan terbaik Anda.
Jadilah pribadi yang melayani orang lain dengan cinta dan kasih sayang, dan kerjakan proses
pelayanan terbaik Anda dengan sebuah Standar Pelayanan Yang Berkelanjutan.
Pelayanan berkualitas tinggi adalah kunci sukses kehidupan Anda, jadi lakukanlah pelayanan itu dengan standar berkualitas tinggi bersama sumber daya yang memiliki persepsi yang sama.
Investasikan mimpi dan harapan sukses Anda kepada kualitas pelayanan terbaik, dan Anda bersama pelayanan berkualitas super Anda akan selalu didukung dengan setia oleh semua orang yang mencintai kebaikan dan ketulusan Anda.
Berikan semua kualitas pelayanan terbaik Anda tanpa pernah mengurangi setitik pun kenyamanan dan keamanan dari produk dan jasa yang Anda tawarkan pada orang banyak. Tidak peduli seberapa besar Anda harus berjuang untuk bekerja keras agar menghasilkan kualitas sesuai keinginan dan harapan dari orang banyak, kerjakanlah semuanya dari pikiran positif dan hati tertulus Anda, dan yakinlah bahwa melalui pelayanan berkualitas tinggi, Anda pasti meraih hidup yang luar biasa hebat.
“Manusia Yang Berkualitas Adalah Manusia Yang Bisa Melayani Orang Lain Dengan Hati Dan Pikiran Tersucinya. “-Djajendra