Hindari Penyakit Sombong Hati

Kesombongan diri selalu bisa hadir di hati dan pikiran siapapun. Mungkin saja Anda kira Anda telah menjadi manusia yang suci dan tercerahkan, atau Anda selalu dipuja-puji oleh orang-orang disekeliling Anda sebagai pribadi bijak yang berjalan dalam kebaikan. Padahal rasa lebih hebat dan lebih terhormat selalu bernyanyi merdu di hati dan pikiran Anda. Dan, perasaan lebih hebat dan lebih terhormat itu akan membuat Anda seperti hidup dengan beban yang cukup berat. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya selalu dalam kesadaran total untuk menghindari serangan penyakit sombong hati.
Mengalahkan kesombongan diri bukanlah perkara mudah. Sebab, diperlukan kekuatan mental untuk terus menjaga hati dan pikiran agar tetap konsisten dengan sifat rendah hati.
Setiap orang yang ingin mengalahkan kesombongan diri haruslah berjuang melawan ego dan nafsu. Khususnya, ego dan nafsu yang dikuasai oleh ambisi tanpa batas dan sifat serakah.
Setiap kali Anda mendapatkan kemudahan dalam setiap langkah hidup Anda, sang kesombongan diri akan berupaya semampunya untuk menguasai jiwa raga Anda. Tinggal sikap Anda untuk selalu mengawasi hidup agar tidak terjebak dalam suasana batin yang penuh rasa sombong.
Mengalahkan kesombongan diri adalah sebuah kemenangan sejati dalam perjalanan hidup. Jadi, saatnya Anda bertindak untuk membangun keseimbangan diri dalam sebuah pola hidup yang sederhana, jelas, dan bermakna.