Apakah Anda Seorang Pribadi Proaktif?

Tak semua cerita sukses dan nasihat baik muncul dari buku atau orang - orang lain yang hidup di sekitar lingkungan Anda. Sebagian ada yang tinggal dalam DNA Anda dalam wujud potensi positif dan niat sukses yang belum Anda garap secara maksimal. Contohnya adalah sikap Anda untuk menjadi sesuatu berdasarkan nilai keyakinan positif optimis yang muncul dari lubuk hati terdalam Anda. Tanpa rasa ragu, Anda secara terus - menerus memoles nilai keyakinan tersebut dengan segala kerja keras, pengorbanan, dan integritas yang tidak mengharapkan balas jasa dari siapapun. Sikap dan perilaku Anda tersebut dapat kita katakan sebagai proaktif. Memiliki sikap proaktif tinggi memang penting, namun bagaimana cara Anda meyakinkan semua orang tentang manfaat dan kehormatan dari nilai keyakinan yang sedang Anda perjuangkan, menjadi sangat penting. Sikap proaktif lahir dari pikiran optimis yang sangat percaya diri, sedangkan dalam dunia nyata sebagian besar orang hidup dalam realitas sikap non proaktif, yaitu sikap hidup yang penuh keraguan dalam keyakinan yang tidak utuh.
Saya ingin memberikan sebuah ilustrasi yang saya kutip dari pendapat Stephen R.Covey dalam bukunya "The 7 Habits of Highly Effective People", tentang Mahatma Gandhi. Dalam bukunya tersebut Stephen menjadikan perilaku Mahatma Gandhi sebagai sebuah contoh proaktif. Dalam pendapatnya Stephen berkata," Sementara para penuduhnya berada dalam ruang legislatif sambil mencelanya karena ia tidak mau bergabung pada Retorika Lingkaran Keperdulian yang mengutuk Kerajaan Inggris karena penjajahan mereka atas orang India, Gandhi berada di sawah - sawah, dengan diam, perlahan, tidak kentara meluaskan lingkaran pengaruhnya dengan para pekerja ladang. Sebuah landasan yang penuh dengan dukungan, kepercayaan, dan keyakinan mengikutinya ke seluruh penjuru negri. Walaupun ia tidak mempunyai kantor atau jabatan politis, melalui rasa iba, keberanian, puasa, dan persuasi moral ia akhirnya menaklukkan Inggris, menghancurkan dominasi politis dari tiga ratus juta orang dengan kekuatan lingkaran pengaruhnya yang sangat kuat". Gandhi adalah seorang pengacara besar yang telah bekerja secara global pada masanya. Tetapi dengan nilai keyakinan untuk menjadi seseorang, ia merelakan semua prestasi hebatnya hilang, hanya untuk dapat menyatu dengan masyarakatnya yang hidup di desa - desa kecil dan terpencil. Sikap proaktif Gandhi menunjukkan keberaniannya untuk hidup berbeda dari realitas kehidupan orang - orang terpelajar yang memiliki karier kerja hebat. Kisah Gandhi tidak perlu Anda copy dalam cerita kehidupan Anda, yang penting mari kita ambil esensi dari proaktif tersebut melalui ilustrasi perjalanan hidup Gandhi. Anda pasti mengerti bahwa setiap pribadi adalah unik dan hebat, bila sebuah pribadi hebat dan unik tersebut mengcopy seratus persen keunikan pribadi lain, makan Tuhan Sang Maha Agung pasti akan kecewa atas ketidak percayaan sebuah pribadi kepada keunikan, kehebatan, dan kesempatannya untuk berkarya dalam kehidupan ini.
Pribadi proaktif merupakan wujud asli dari pikiran positif yang telah mampu membentuk sebuah keyakinan dasar dengan nilai - nilai perjuangan dalam bentuk rencana tindakan yang kongkrit. Siapa pun bisa menjadi pribadi yang proaktif dalam proses perjalanan hidupnya, biasanya yang tahan dan berhasil mencapai tujuan adalah pribadi - pribadi yang mampu menaklukkan semua kesulitan dan tantangan berat lainnya secara terukur dalam bentuk meyakinkan orang - orang sekitarnya dengan bukti nyata atas nilai - nilai kebaikan yang sedang diperjuangkan. Sikap proaktif sangat rawan dengan caci maki dan pelecehan dari orang - orang yang terperangkap dalam "zona nyaman", proaktif merupakan perilaku memperjuangkan nilai - nilai positif baru yang sudah dipikirkan, direncanakan, divisualisasikan, dan diyakini memberi manfaat buat kebaikan organisasi, dan kebaikan banyak orang. Proaktif itu sendiri bermakna bahwa sebagai seorang pribadi yang optimis harus mampu bertanggung jawab atas semua rencana hidup yang Anda susun. Proaktif bukan berarti bebas untuk melakukan apapun yang Anda inginkan, sebab hidup kita diatur oleh hukum alam, hukum sosial kehidupan manusia, dan norma - norma kehidupan lainnya yang memiliki hukum sebab - akibat. Proaktif bebas dengan kreatifitas, imajinasi, mimpi, dan harapan positif yang tetap mempertimbangkan untuk tidak melanggar semua hukum - hukum yang saya sebut diatas.
Apakah Anda Seorang Pribadi Proaktif? Jawabannya adalah sejauh mana Anda mampu bermimpi dan yakin akan keberhasilan mimpi Anda tersebut. Sebagai pribadi proaktif Anda harus selalu memiliki inisiatif untuk belajar dan melangkah ketingkat yang lebih tinggi dalam mencapai harapan Anda. Anda harus mampu memfokuskan semua energi positif ke dalam setiap waktu proses kerja kreatif Anda. Anda juga harus memiliki nilai - nilai keyakinan dalam mendorong dan memotivasi semua mimpi yang sedang Anda kerjakan secara proaktif. Proaktif berarti tindakan yang Anda ambil atas semua mimpi Anda melalui rencana yang didukung secara optimal oleh variabel - variabel lain yang membuat rencana tersebut berjalan secara wajar.
Proaktif lahir dari keinginan terdalam Anda dalam wujud inisiatif - inisiatif yang berani dan tidak takut gagal, dan semua keinginan tersebut telah diperhitungkan secara matang dan sudah memahami risiko - risiko yang mungkin muncul. Pribadi proaktif selalu bertindak melalui kebiasaan - kebiasaan berpikir atas nilai - nilai positif yang menciptakan kepercayaan orang lain kepada dirinya. Melalui perilaku proaktif positif diharapkan lahir kreatifitas - kreatifitas yang efektif dan bermanfaat bagi kehidupan organisasi Anda, dan juga diri Anda pribadi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk menjadi pribadi proaktif tidaklah mudah dan ada banyak sekali godaan dan tantangan yang bisa mematikan benih - benih perilaku proaktif sebelum benih - benih itu tumbuh besar menjadi sebuah cerita nyata seperti kisah proaktifnya Mahatma Gandhi. Semoga saja artikel ini bisa menjadi setitik sinar terang dalam menyinari potensi sukses hidup Anda, dan membangkitkan antusias Anda untuk mulai mengambil inisiatif pribadi yang positif dalam menggarap potensi sukses Anda dari dalam diri Anda. Jangan pernah membiarkan potensi unik dan hebat Anda mati oleh kekuatan realitas hidup yang tidak memberi waktu dan kesempatan buat Anda untuk menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya. Anda adalah sebuah harta terbesar yang diciptakan oleh Tuhan dengan tujuan untuk menjadi pribadi proaktif yang berpikir dan bertindak dalam jalan positif untuk menghasilkan karya dan kinerja terbaik buat semua kehidupan.